Lihat ke Halaman Asli

Panti Asuhan

Diperbarui: 8 Januari 2016   20:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pengalaman bakti sosial di panti asuhan

Kami mendapat tugas dari pak wahyu untuk mengadakan bakti sosial di panti asuhan. Kami diberi tugas ini untuk menambah nilai UAS dan untuk berbagai kepada anak anak panti asuhan. Sebelum kami bakti sosial, kami mengadakan survei panti asuhan mana yang akan kami kunjungi , dan panti asuhan yang akan kami kunjungi adalah panti asuhan miftahul huda, yang berada dekat rumah teman kami yaitu azizah. Kami berencana akan berkunjung kesana pada hari sabtu, tetapi sebelum itu kami akan mengadakan rapat terlebih dahulu. Rapat pertama kami adakan pada hari kamis di rumah sekar, pada rapat itu kami membahas atau memilih siapa saja yang akan bertanggung jawab atau menjadi seksi seksi pada acara bakti sosial kami. Dan juga kami akan membahas perlengkapan apa saja yang akan dibutuhkan pada acara bakti sosial nanti. Setelah rapat pertama selesai, keeesokan hari nya pada hari jum'at kami menggelar rapat ke-2 di sekolah. Pada rapat itu kami membahas tentang susunan acara yang akan di selenggarakan esok hari. Dan juga kami membahas siapa saja penanggung jawab atas setiap game. Besok kami akan memulai acara pada pukul 08.00 – 11.00, tetapi besok pagi kami berkumpul terlebih dahulu di rumah azizah pada pukul 07.00 untuk persiapan. Setelah rapat selesai, barulah keesokan hari nya kami akann mengadakan baksos. Saya berangkat dari rumah pukul 06.00 pagi bersama teman saya raisha dengan membawa bakwan, karena saya adalah seksi konsumsi. Tetapi sebagian dari kami berkumpul di rumah alifia terlebih dahulu untuk berangkat bareng ke rumah azizah. Setelah sampai dirumah azizah saya pun langsung membantu teman teman saya yang sedang membungkus makanan. Dan teman teman yang lain pun ikut membantu. Setelah semua rapih dan sudah siap baru lah kami menuju panti asuhan.

Dengan berjalan kaki kami menuju panti asuhan tersebut, karena dekta sekali dengan rumah azizah, setelah sampai dipanti asuhan kami pun langsung dipersilahkan masuk dan langsung bertemu dengan adika dik panti asuhan. Kami disambut dengan hangat oleh mereka, dan mereka pun juga sangat antusias. Sebelumnya kamipun memperkenalkan diri masing masing dan juga menyebutkan susunan acara dan tujuan kami mengadakan baksos ini. Setelah semua selesai disebutkan barulah kami mengajak bermain adaik adik disini. Lalu kami menanyakan suka dan duka adik adik selama berada di panti asuhan ini. Dan kami akan memberikan hadiah kepada adik adik disini apabila ada yang beraini kedepan bercerita tentang pengalaman selama berada di panti asuhan ini.dan ternyata mereka semua masih malu malu utuk kedepan, maka dari itu kami pun menunjuk salah satu anak untuk maju ke depan. Kami pun menunjuk salah satu anak perempuan untuk maju kedepan menceritakan pengalaman selama berada dipanti asuhan ini. Katanya banyak sekali pengalaman yang dia dapat, seperti mendapat teman baru,bermain bersama,belajar bersama,bercanda bersama dan masih banyak lagi. Dan karena adik tersebut berani maju ke depan, maka kami memberikan kengan kengan an atau hadiah untuk adik yang berani bercerita ke depan ini.dan kami pun ada beberapa pertanyaan tentang sifat sifat wajib dan dalilnya untuk adik adik disini. Jika ada yang bisa menjawab, dia harus tunjuk tangan terlebih dahulu, lalu maju kedepan dan jawab pertanyaan tersebut. Dan lagi lagi ang menjawab pertanyaan ini adalah anak perempuan. Lalu adik tersebut kami ajak untuk maju kedepan untuk menjawab pertanyaan tersebut, ternyata jawaban adik ini sangat benar. Maka dari itu kita memberikan hadiah kepada adik ini.

 

Lalu kami kembali memberikan tantangan kepada adik adik disini yaitu, siapa saja yang hafal asmaul husna dengan lengkap dan benar, kami akan memberikan hadiah. Subahanallah kali ini anak yang sangan kecil yang berani untuk maju kedepan. Dia bernama faiz, dia sangat lancar menyebutkan asmaul husna dan tidak ada salah satu pun. Semua lengkap ia sebutkan dengan penuh percaya diri. Dan adik kecil yang menggemaskan ini membuat kita merasa kagum, karena anak sekecil ini sudah hafal asmaul husa dengan lancar dan tepat sekali. Maka dari itu kami akan apresiasi adik kecil ini dengan memberikan hadiah. Faiz sangat membuat kita tertarik, dan adik yang satu ini banyak di sukai oleh teman teman saya. Sehingga banyak seklai yang megakat berfoto bersama,bermain bersama,dan lain lain. Dan setelah itu, kami juga akan memberi hadiah kepada anak anak laki laki yang berani bersolawat kedepan. Anak laki laki nya sangat pemalu sehingga susah untuk diajak kedepan. Lalu kami menunjuk 3 orang maju kedepan untuk bersolawat. Awalnya mereka tidak mau,tetapi dengan kami bujuk, akhirnya mereka mau untuk bersolawat kedepan. Sebelum mereka bersolwat, mereka memperkenalkan diri dulu, baru lah setelah itu mereka mulai bersolawat. Suara mereka sangat merdu, dan kami pun juga ikut menyanyikan solawat bersama mereka. Karena mereka sudah berani, maka kami memberikan hadiah kepada mereka. Alhamdulillah mereka kelihatan sangat senang dan ceria dengan datang nya kami ke sini. Lalu kami beristirahat sejenak dan membagikan makanan daan minuman kecil untuk dimakan bersama sama dengan adik adik disini. Dan sebelumnya kami membaca do'a bersama sama terlebih dahulu. Barulah kami makan bersama. Setelah makan telah selesai, kami akan bermain game.

Game yang akan di mainkan sekarang adalah game estafet karet. Teman saya rezza dan idrus akan menjelaskan bagaimana cara memainkan nya. Stelah dijelaskan barulah kami memulai permainan nya. Semua adik adik akan di ikut sertakan dalam permainan ini. Dan dibagi 2 kelompok, yaitu kelompok perempuan dan laki laki. Setelah kelompok dibagi, maka rezza akan menghitung aba aba saat permainan akan dimulai. Dan hitungan ke 3 barulah mereka mulai bermain. Mereka sangat semangat sekali dalam bermain games ini. Kami pun bersama sama menyemangati adik adik dan mengabadikan nya dengan foto dan video. Mereka antusias sekali berlomba lomba dalam games ini. Mereka juga saling membantu satu sama lain dalam games ini. Setelah estafet selesai, maka pemenang nya dalah kelompok laki laki kerena mereka berhasil menyelesaikan duluan, dan mereka pun sangat senang karena dapat memenangkan kan game ini. Lalu kami memberikan hadiah kepada kelompok laki laki. Tetapi karena kelompok putri pun juga bersemangat seklai, maka kami juga akan memberikan hadiah kepada kelompok putri. Dan merea sangat senang sekali. Akhirnya acara kami pun selesai, tetapi sebelum itu kami juga akan membagikan hadiah kepada adik adik yang belum mendapatkan hadiah. Dan semua sudah terbagi rata. Lalu kita semua ingin berfoto bersama dengan adik adik disini. Setelah itu kami pun berpamitan kepada adik adik disini untuk pulang, tetapi sebelum nya kami memberikan alat alat tulis yang akan di sumbangkan di panti asuhan ini, kamipun langsung menyumbangkan ini dan diterima dengan senang hati. Kami senang seklai dapat berbagi di panti asuhan ini.

Dan kami pun kembali kerumah azizah untuk beristirahat sejenak, dan mama serta kakak nya azizah sangat baik sekali. Kami di sediakan makanan untuk makan bersama sama. Tetapi sebelum itu kami ingin beristirahat sebentar, setelah itu barulah kami menikmati makanan yang sudah disediakan oleh mama dan kakak nya azizah. Kami di sediakan ayam bakar dan sambar yang sangat enak sekali. Pas sekali dengan kami yang sedang sangat lelah. Kami semua pun sangat bersemangat untuk menikmati makanan ini, tetapi sebelum itu kita membaca do'a bersama terlebih dahulu. Dan setelah berdo'a kami langsung menikmati makanan ini dengan sangat lahap. Senang sekali kami dapat berkumpul bersama,makan bersama,bercerita,serta tertawa bersama. Ayam bakar nya sangat enak, begitu juga dengan sambalnya sangat nikmat sekali. Maka banyak sekali yang tidak kuat dengan pedasnya sambal ini. Dan juga banyak yang berebutan air dingin termasuk saya sendiri. Tetapi moment seperti ini sangat seru seklai. Setelah makan, kami pun istirahat kembali sambil ngobrol sejenak,lalu foto foto bersama,bermain gitar,bernyanyi bersama,bercanda bersama, dan masih banyak lagi. Dan kami bercerita tentang anak anak panti asuhan miftahul huda tadi. Faiz yang sangat lucu membuat kita kagum sampai kita tidak bosan untuk membicarakannya. Dan jujur kami pun sangat malu kepada faiz. Karena faiz yang sekecil itu sudah hafal asmaul husna dengan lengkap dan sangat lancar. Sedangkan kami, mungkin bellum tentu bisa hafal semua dan menyebutkan dengan sangat lancar seperti faiz. Dan kami juga kagum terhadap anak anak panti, mereka juga mempunyai semangat yang sangat tinggi.

Kami sangat senang hari ini dapat berbagi kebahagiaan dengan anak anak panti asuhan miftahul huda. Anak anak yang sangat baik,sopan,semangat,selalu ceria,dan solehah. Kami ingin sekali jika ada kesempatan untuk berkunjung kembali kepanti asuhan itu, kami ingin berbagi kebahagiaan bersama kembali dan sekrang kami tidak terlalu mimikirkan tentang nilai karena kami sangat senang sekali dapat berbagi di panti asuhan ini. Tetapi tetap saja nilai itu sangatlah penting untuk kami. Terimakasih pak wahyu yang sudah memberikan tugas ini kepada kmai, sehingga kami dapat belajar apa artinya berbagi bersama dan tau apa artinya kebersamaan. Kami senag seklai dapat dapat menghibur anak anak panti asuhan disini. Kami juga senang dapat mengenal adik adik hebat disini. Dan itu tidak akan pernah saya lupakan sampai kapan pun. Semoga kita dapat bertemu lagi di lain waktu, kami harap adik adik semua tidak lupa dengan kami. Kami akan sangat kangen dengan kalian semua. Semoga kalian akan tetap menjadi diri kalian yang sekarang. Terimakasih atas keseruan hari ini adik adik panti asuhan miftahul huda.

 

 

Wassalammualaikum wr.wb

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline