Lihat ke Halaman Asli

Dampak dari Memuji Anak Secara Berlebihan

Diperbarui: 12 Juni 2024   13:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: www.pinterest.com

Gimana sih cara yang tepat dalam memberikan pujian kepada anak agar tidak berdampak negatif ?

Memberi pujian pada anak ketika dia melakukan sesuatu hal yang baik atau karna penampilannya boleh saja lho bund, tapi bunda juga harus tahu mana hal yang pantas mendapat pujian atau sebaiknya tidak perlu diberi pujian, karna memberi pujian berlebihan juga berdampak tidak baik pada perkembangan anak juga pada pembentukan karakter anak.

Pujian adalah cara orangtua atau guru untuk memotivasi anak dan meningkatkan rasa percaya diri anak, anak akan lebih berani tampil pede dan tidak takut untuk bersosial pada lingkungan yang baru baginya. Tetapi memberi pujian pada anak dengan berlebihan juga akan berdampak negatif pada anak, pujian akan membuat anak fokus untuk mendapatkan pujian dan bukan fokus pada usahanya, yang dikhawatirkan adalah ketika anak akan lebih mengutamakan hasil dan tidak bisa belajar pada proses dan usaha yang dia lakukan untuk mendapatkan hal tersebut.

Terlalu sering memberi pujian pada anak mungkin bagi kita adalah suatu hal yang lumrah dan baik untuk anak, tapi bukankah suatu hal yang berlebihan itu tidak baik walupun hal tersebut adalah hal yang positif, begitu juga memberi pujian pada anak dengan berlebihan juga akan memunculkan akibat buruk pada anak.

Diantara dampak negatif sering memuji anak adalah menghambat pengembangan kemandirian anak (Ningrum Diah Puspita,2023). mereka akan merasa validasi dari orang lain adalah hal yang harus didapatkannya, dan mereka tidak bisa belajar dari proses dan usaha mereka sendiri, mereka juga tidak akan menghargai prestasi mereka. 

Terlalu sering memuji anak juga akan menimbulkan tekanan pada anak, anak akan merasa dirinya harus menjadi paling baik dan sempurna untuk mendapatkan validasi dari orang lain, hal ini akan menimbulkan kecemasan dan rasa takut gagal, anak juga akan beranggapan bahwa ketika dia tidak mendapatkan validasi dan pujian dari orang lain adalah suatu kegagalan bagi mereka.

Anak-anak yang sering dipuji akan kesulitan menerima kritik atau tantangan , mereka tidak terbiasa dengan pengalaman tidak menyenangakan atau kegagalan (Sarassanti Nazri Tsani,2021). hal ini akan menghambat perkembangan sikap tangguh dan kekuatan mental anak. Tetapi memberi pujian untuk anak dengan tepat juga akan memberi dampak baik pada perkembangan anak dan pembentukan karakter anak, dengan kita memberi pujian yang tepat pada anak, anak akan terdorong untuk melakukan hal-hal baru yang belum pernah dia coba dan meningkatkan kemampuannya secara mandiri.

Bunda juga perlu memperhatikan dalam memberi pujian pada anak, pujian yang baik adalah apabila bunda memuji usaha dan proses anak dalam melakukan suatu hal, bukan karna hasil akhirnya saja, terkadang anak juga mengalami kegagalan dalam suatu hal, hal ini akan membuat anak merasa sedih dan kecewa, bunda bisa membantunya semangat lagi dengan pujian, dengan begitu anak tidak akan merasa gagal dan akan mencoba belajar lagi. Mendapatkan pujian dan pengakuan dari orangtua sangat penting untuk anak, anak akan merasa diakui dan dekat dengan orangtuanya. Pujian yang tepat akan memberi dampak positif pada perkembangan anak.

Semoga tulisan saya ini bisa menjadi acuan untuk bunda  agar dapat mendidik anak dengan hal yang positif.

Nama: Sayyida Arifiani

NIM: 230105110068

Tugas MK: Perkembangan kognitif AUD

Dosen pengampu: Ibu Rikza Azharona Susanti, M.Pd




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline