Lihat ke Halaman Asli

Jadi Demam Korea, Lewat Korea Indonesia Week

Diperbarui: 26 Juni 2015   01:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Penulis: Hennynuraeni

blog : http://sayhitohenny.blogdetik.com/

Hari kamis, 29september 2011 tepatnya saya sengaja menyempatkan diri datang di acara Korea- Indonesia Week, yang bertepat di Gandaria City jakarta. Sebelumnya acara ini beralangsung selama 6 hari. Dari tanggal 28 September-03 Oktober 2011. Sayangnya saya tidak sempat hadir disini untuk hari sabtu, minggunya.

Tepatnya di pintu utama gandaria city kita akan dihadapkan dengan sebuah panggung “ Korea- Indonesia Week” ini yang cukup besar.   

Di Korea-Indonesia Week ini banyak sekali acara yang dilangsungkan disini yakni ada perlombaan dance dan juga menyanyi lagu korea atau yang sering kita sebut K-pop. Namun sebelum membahasanya saya akan mengajak kalian semua mengenal budaya korea yakni:

Tarian Kebudayaan korea “Bu Che Chum”

Tarian ini bernama” Bu Che Chum “ atau disebut denga tarian kipas. Tarian ini merupakan salah satu tarian performa indah hasil persembahan dari mahasiswa UI ini. Jujur tarian ini  mampu membuat saya serasa takjub sekali selihat kekompakan mereka dalam membawakan gerakan demi gerakan yang sangat selaras satu sama lain.

Tarian gabungan Korea+ Indonesia

Bagaimana jika dua kebudayaan menjadi satu dalam baluatan kebudayaan yang kental,ya…disini kalian bisa melihat kesenian dari saman dan juga korea yang digambungkan menjadi satu.

Hanbok

Baju adat korea atau yang kita sebut” handbook” ini menjadi tujuan  saya untuk melihat-lihat ke stan ini, jika dilirik sekilas baju ini hampir mirip dengan kimono. Baju ini selain dipajang indah namun para pengunjung juga bisa mengenakan baju ini sambil berfoto-foto.

Mainan taradisional korea “Jae Gi Cha Gi”

Permainan Jae Gi Cha Gi, merupakan sebuah bola berbentuk umbul - umbul, Sulit memperagakannya bagi saya, mungkin bagi mereka yang suka bola permainan ini sangat cocok.

Kemudian tanpa buang-bunag waktu ternyata acaranya sudah dimulai yakni contest K-Pop yang diikuti oleh banyak kontestan yang  hadir dengan 3 orang juri sebagai pemberi nilai. Acara ini pun dikemas dengan kesan yang menyenangkan. Para penonton yang datangpun terlihat antusias dan bersorak-sorak gembira dari perfomance penampilan satu-persatu kontestan yang maju keatas panggung. Memang di Indonesia ini tengah demam korea begitupun dengan saya.

Ternyata meskipun mereka asal Indonesia,akan tetapi kualitas suara dan juga gerakan tidak jauh berbeda dengan artis korea yang sering kita lihat di televisi. Lihat saja penampilan mereka cukup menghibur penonton disini begitupun saya.

Pokoknya acara ini cukup ramai dan membuat saya senang, tidak salah ya jika di Indonesia memang lagi demam korea, Pas saja kebudayaan korea begitu cepat menjalar bagaikan virus di Indonesia. Mudah mudahan tahun depan ada acara seperti ini lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline