Lihat ke Halaman Asli

Kelompok KKNK 98

Mahasiswa Kolaboratif se Jember

Kemeriahan HUT RI ke-79 di Balung Kidul oleh KKN Kolaboratif #3 Kelompok 098

Diperbarui: 25 Agustus 2024   18:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Upacara HUT RI ke 79 di Kecamatan Balung Jember

Membangun Kebersamaan dan Semangat Nasionalisme

Dalam memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-79, KKN Kolaboratif 098 berinisiatif untuk menyelenggarakan serangkaian acara yang meriah dan penuh semangat. Acara ini melibatkan seluruh anak-anak Balung Kidul terutama RT 02 RW 02 yang diselenggarakan di halaman Pondok Pesantren As-Salafi Balung Kidul.

 Keceriaan dan semangat terpancar jelas dari wajah anak-anak desa Balung Kidul. Mereka dengan semangat untuk mendaftar ulang mengikuti berbagai acara yang diadakan KKN Kolaboratif 098 dengan mengajak teman-teman lainnya yang belum mendaftarkan diri.

 Beragam lomba seru digelar, mulai dari cukurukuk (memasukkan kawat ke lubang) dan memasukkan sedotan kedalam botol. Ditengah-tengah lomba juga mengadakan quiz yang sangat seru dan juga mendapatkan hadiah yang sudah disiapkan. Semuanya sukses menghidupkan suasana desa dengan keceriaan dan partisipasi warga yang sangat tinggi dengan turun ke lapangan untuk ikut serta memberikan dukungan kepada anak-anaknya.

 Anak-anak berlomba dengan semangat, tidak hanya untuk memenangkan hadiah yang disediakan, tetapi juga merasakan kegembiraan dan kebersamaan dalam merayakan hari kemerdekaan. Suasana semakin ramai dan meriah ketika para peserta menunjukkan semangat yang terbaik meski terkadang harus terjatuh atau bolak balik mengalami kesulitan, namun dengan semangat yang luar biasa pantang menyerah terlihat hingga akhir perlombaan.

 Kelompok KKN Kolaboratif 098 turut berpartisipasi dalam menyemangati para peserta dengan memberikan dukungan dan apresiasi kepada setiap anak yang berpartisipasi. Hal ini tidak hanya menambah keceriaan akan tetapi juga menambah kedekatan mahasiswa dan warga setempat yang penuh dengan kebahagiaan.

 Partisipasi aktif anak-anak dalam perlombaan menjadi bukti nyata bahwa semangat nasionalisme dan kebersamaan tertanam sejak dini. Banyak anak sangat senang ikut serta dalam perlombaan ini, ada juga yang merasa bangga karena memenangkan lomba dan membawa pulang hadiah meskipun mereka juga sadar bahwa menang bukanlah segalanya. Melalui kegiatan ini diharapkan generasi muda dapat lebih menghargai arti kemerdekaan dan memperkuat rasa cinta tanah air. Kegembiraan dan semangat antusias dalam mengikuti acara yang diadakan KKN Kolaboratif 098 bisa menjadi kenangan yang terus diingat oleh anak-anak dan seluruh warga desa Balung Kidul




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline