Lihat ke Halaman Asli

Untuk Mengembangkan UMKM di Era Digitalisasi Modern, KKN MB Posko 34 Mengadakan Seminar UMKM Berbasis Digital Marketing

Diperbarui: 12 Juli 2024   23:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kegiatan Seminar UMKM Kelurahan Bangetayu Wetan/dokpri

SEMARANG -- Mahasiswa KKN MB (Moderasi Beragama) Posko 34 mengadakan kegiatan seminar UMKM. Kegiatan itu dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Juli 2024 di Balai Kelurahan Bangetayu Wrtan, Kecamatan Genuk, Kota Semarang. Acara dimulai pukul 09.00 WIB yangmana dihadiri oleh Bapak Kepala Kelurahan Bangetayu Wetan, Ibu Ketua TP PKK Kelurahan, anggota FKK (Forum Kesehatan Keluarga), Ibu Ketua RW berserta perwakilannya, dan anggota komunitas UMKM di Kelurahan Bangetayu Wetan.

Kegiatan seminar pengembangan UMKM yang bertema "Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Brand Awareness" ini ditargetkan kepada masyarakat di Kelurahan Bangetayu Wetan, Kecamatan Genuk, Kota Semarang. Sebelum memasuki acara ini, pembukaan yang dipimpin oleh Master of Ceremony yakni Sdri. Diah Ayu Safitri. 

Setelah itu dilanjutkan sambutan dari Ketua Panitia yang diwakili oleh Sdr. Sidiq Syaifulloh ketua Posko 34, dilanjutkan sambutan dari Kepala Kelurahan Bangetayu Wetan, setelah itu langsung pemaparan materi oleh narasumber yang disertai pembacaan CV oleh Master of Ceremony. Dalam sambutannya, lurah Bangetayu Wetan, Taufik Rizkiyana, SE. menyampaikan rasa terimakasih kepada para mahasiswa KKN-MB posko 34 yang telah menggelar acara seminar pengembangan UMKM di Kelurahan Bangetayu Wetan.

Salah satu dosen program studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN Walisongo Semarang, Bapak Raden Arfan Rifqiawan, S.E.,M.Si., menjadi narasumber dalam acara seminar tersebut. Dalam pemaparan materinya narasumber menjelaskan Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Brand Awareness adalah suatu kegiatan yang dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada para pelaku usaha, terutama UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), dalam memanfaatkan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) mereka di era digital yang semakin berkembang pesat. 

"Di era digital saat ini, brand awareness atau kesadaran merek memainkan peran kunci dalam keberhasilan pemasaran sebuah produk atau layanan. Dengan populasi yang semakin terhubung secara online, strategi digital marketing yang tepat dapat memberikan dorongan signifikan dalam meningkatkan kesadaran merek", ujarnya.

Penyerahan Sertifikat oleh Ketua Panitia Sdr. Muhaimin/dokpri

Acara ditutup dengan penyarahan sertifikat oleh ketua panitia. Seminar pengembangan UMKM ini bertujuan untuk memberikan pandangan mendalam tentang potensi dan strategi digital marketing, serta bagaimana menerapkannya secara efektif dalam konteks bisnis. 

Melalui acara seminar ini, diharapkan para pelaku usaha mikro dan menengah (UMKM) di kelurahan Bangetayu Wetan dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana menggunakan alat-alat digital untuk memperkuat citra merek mereka, meningkatkan visibilitas online, dan akhirnya mencapai kesuksesan yang lebih besar dalam dunia kewirausahaan yang kompetitif saat ini.

Dok.Pribadi Foto Bersama 

Oleh: KKN MB Posko 34

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline