Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN MB Posko 34 Ikut Memeriahkan Acara Gebyar 10 Program PKK Kecamatan Genuk yang Bertempat di Lapangan Bangetayu Wetan

Diperbarui: 9 Juli 2024   17:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.pribadi Panggung Gembira Gebyar PKK Persiapan Lomba Senam 

Mahasiswa KKN MB Posko 34 mengikuti acara Gebyar 10 Program PKK yang digelar di Lapangan Bangetayu Wetan, Kecamatan Genuk, Kota Semarang dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52, minggu (7/7/2024).

Ibu Hevearita Gunaryanti Rahayu turut hadir dalam acara tersebut. Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh ketua PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Kota Semarang, Ketua PKK kecamatan Genuk, Bapak Camat Genuk dan beberapa mahasiswa UIN Walisongo yang sedang KKN di Kecamatan Genuk. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengenalkan dan meningkatkan tentang pentingnya 10 program pokok PKK, mendorong pemberdayaan keluarga melalui berbagai kegiatan yang mendukung kesejahteraan keluarga, meningkatkan kualitas hidup melalui program-program yang berkaitan dengan kesehatan dan ekonomi, memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mempromosikan dan menjual produk hasil UMKM mereka kepada masyarakat sekitar, dan meningkatkan kapasitas serta keterampilan kader PKK dalam mengelola dan menjalankan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam kegiatan Gebyar PKK ini terdapat beberapa kegiatan yaitu: kegiatan senam bersama yang diwakili oleh 20 peserta setiap kelurahan, kegiatan bazar UP2K hasil dari Urban Farming setiap kelurahan, lomba memasak lauk pauk untuk pencegahan stunting, lomba kreasi minuman PAUD se-kecamatan Genuk, lomba Bunda Literasi, lomba mewarnai anak PAUD yang bekerja sama dengan Herboris, kegiatan gemar membaca untuk anak SD, kegiatan pelayanan KB, Lawang Sewu (pemeriksaan kesehatan), PAK RAHMAN (Pembagian Pangan Murah dan Aman), dan bayar UMKM dari tiap-tiap Kelurahan di Kecamatan Genuk.

Alhamdulillah acara berjalan dengan glancar dan sangat meriah. Berkat kontribusi dari para kader PKK se kecamatan Genuk, masyarakat sekitar dan partisipasi dari mahasiswa UIN Walisongo yang sedang melaksanakan tugas KKN di kecamatan Genuk. Acara tersebut gratis dan terbuka untuk umum, serta banyak menarik perhatian masyarakat karena terdapat berbagai kegiatan. Tak hanya itu, panitia juga menyiapkan dorprize yang menarik seperti voucher belanja, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya.

"Dengan adanya kegiatan ini dapat mengenalkan produk umkm kepada masyarakat, dan menyadarkan kepada masyarakat tentang pentingnya 10 program PKK" tutur Bambang, salah satu mahasiswa KKN MB posko 34.
 
Mahasiswa KKN MB posko 34 ikut berkontribusi pada acara ini, yakni turut serta membantu memeriahkan stand bazar perwakilan dari Kelurahan Bangetayu Wetan yang memilih nasi gudangan, rempeyek, dan oleh-oleh khas semarang sebagai hasil UMKM yang dijual dan diperkenalkan kepada masyarakat, lomba memasak lauk pauk dengan memilih menu semur bola-bola lele, lomba kreasi minuman dengan memilih menu jelly seven yakni minuman yang berbahan dasar dari nutrijell dan stand bazar UP2K hasil dari Urban Farming yakni bayam brazil, terong, kacang, cabai, lembayung.

dok.pribadi Bazar Hasil Urban Farming Kelurahan Bangetayu Wetan

Acara penutupan dilaksanakan pada pukul 12.00 WIB, diisi dengan pengumuman para pemenang setiap lomba dan pembacaan undian doorprize. Dari hasil pengumuman tersebut, Kelurahan Bangetayu Wetan mendapatkan juara 1 dalam kategori lomba Bunda Literasi.
Diharapkan acara ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya dan 10 program PKK ini dapat memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan bersama.

Dari: KKN MB Posko 34




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline