Lihat ke Halaman Asli

Savana ArsyaputriArdiati

Menulis di kala senggang saja

DPR Perlu Mengkaji Ulang UU LLAJ untuk Kendaraan Listrik

Diperbarui: 28 Juni 2022   11:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi motor listrik (dok. energikvolts.com)

Belum lama ini, DPR mengajukan penyusunan ulang Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ). Dimana nantinya, dalam revisi UU LLAJ juga harus mencangkup aturan mengenai kendaraan listrik. Pasalnya saat ini, tidak hanya kendaraan listrik seperti motor listrik Evolts, Gesits, Viar atau lainnya yang mulai menjadi trend di kalangan masyarakat, tapi juga untuk jenis sepeda listrik.

Bahayanya, di beberapa daerah, pengguna sepeda listrik adalah anak-anak di bawah umur tanpa pengawasan orang tua, serta tidak memperhatikan standar keamanan berkendara. Seperti menggunakan helm, dan alat keamanan lainnya.

Ada banyak kekhawatiran jika kendaraan listrik belum juga diatur dalam UU LLAJ, nantinya akan bertambah jumlah pelanggaran yang dilakukan para pengguna kendaraan listrik.

Ditambah menurut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) populasi kendaraan listrik dalam Negeri hingga November 2021 lalu, sudah mencapai 14.400 unit, dan akan terus bertambah. Sehingga harus segera merevisi UU LLAJ untuk menghindari hal-hal yang merugikan kedepannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline