Lihat ke Halaman Asli

Sausa Sekhanya

Mahasiswa Desain Interior Universitas Kristen Petra

Tips dan Trik Makeover Apartemen

Diperbarui: 30 November 2020   16:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                      Sumber: www.interiorzine.com

Waktu berlalu, kebiasaan berubah. Segala bentuk penyesuaian telah dilakukan  baik dalam pola perilaku/kebiasaan, pola pikir dan pola kebersihan yang merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan saat ini. Redekorasi tempat tinggal bisa jadi momen yang tepat untuk mengisi waktu di masa pandemi.

Untuk mendesain apartemen, penting bagi kita untuk memahami elemen apa saja yang berhubungan satu sama lain. Apalagi jika harus memikirkan perabot dan barang yang sudah ada dalam ruangan. Berikut beberapa tips yang dapat mempercantik apartemenmu sekaligus membantu memaksimalkan pemanfaatan ruang.

  • Mengubah perabot yang memakan tempat

1b-5fb4c5558ede484a4b282652.png

                                                  Sumber: www.mattressnut.com

Pertimbangkan perabot yang ada dalam ruangan. Apakah terkesan berat dan memakan tempat? Jika perabot tersebut dapat diubah, mungkin tidak ada salahnya untuk dicoba. Saat memilih tempat tidur, lebih baik bila memilih kaki yang lebih pendek atau bahkan diletakkan di tanah agar langit-langit ruangan terasa lebih tinggi. Kursi yang terkesan berat bisa diganti dengan yang berkaki langsing atau puff.

  • Menambah warna dan aksen untuk mengatur kesan luasan ruangan

1c-5fb4c5693a70033f0772be55.jpg

                                                  Sumber: www.inhabitat.com

Mengecat dinding dengan warna putih, abu, krem atau warna terang lainnya dapat membantu membuat ruangan terasa lebih luas. Mengecat warna gelap pada satu dinding sebagai aksen dapat memberi efek susut, sehingga dinding seolah memiliki kedalaman. Kedalaman berbeda pada dinding ruangan pasti akan membuat ruangan terasa lebih luas.

Saat memilih warna maupun pola, harus diperhatikan dengan seksama. Warna dan pola tertentu dapat mempengaruhi suasana ruangan. Garis garis horisontal pada dinding misalnya, dapat memberi kesan dinding yang lebih lebar. Pola tertentu yang lebih rumit jika disusun dengan baik juga dapat menjadi aksen yang berguna dalam menambah kedalaman ruang. Warna dan aksen juga bisa menjadi pemisah ruang yang hemat tempat. 

  • Tentukan pusat perhatian dalam ruangan

1d-5fb4d2913a70034d9a332ed2.jpg

                                                         Sumber: www.thespruce.com

Setiap ruangan tentu memiliki focal point atau titik pusat perhatian. Benda bisa berupa perabot yang unik, karpet berpola, atau tirai yang menjuntai. Memanfaatkan dekorasi yang dapat diletakkan atau digantung juga bisa menjadi taktik desain yang bagus. Wallpaper pada dinding pun bisa dijadikan pusat perhatian bila dimanfaatkan dengan baik. Ingat, dekorasi tidak boleh berlebihan atau ruangan akan terlihat sangat ramai. 

  • Singkirkan dekorasi dan barang yang terlalu ramai

1e-5fb4d2b8d541df2dbc7b8503.jpg

                                             Sumber: www.smartstorage.ie

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline