Lihat ke Halaman Asli

Saung Tani Cekatan

PPK Ormawa HIMA S1/Ners Fakultas Keperawatan Universitas Jember 2024

Cek Kesehatan pada Kader Saung Tani Cekatan di Desa Antirogo untuk Mewujudkan Kesadaran Pentingnya Kesehatan

Diperbarui: 4 September 2024   10:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Pribadi [Kader Saung Tani CEKATAN, Dosen Pembimbing, Tim Pelaksana Ormawa, Tim Pendukung, dan Mitra]

Antirogo, 22 Juli 2024 -- Dalam mewujudkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan, Tim PPK Ormawa HIMA S1/Ners melalui program Saung Tani Cekatan mengadakan pelatihan pemeriksaan kesehatan bagi kader CEKATAN dalam Program Saung Tani Cekatan. 

Acara ini dihadiri oleh 30 orang kader yang dilatih oleh tim pelaksana dan pendukung PPK Ormawa HIMA S1/Ners FKEP UNEJ, didampingi dosen pembimbing Ns. Rismawan Adi Yunanto, S.Kep., M.Kep.Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih kader agar mampu menyediakan layanan  pemeriksaan kesehatan rutin bagi para petani di Kelurahan Antirogo.

Program Cek Kesehatan ini meliputi pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol serta penilaian kesehatan untuk mendeteksi penyakit tidak menular seperti hipertensi, kolesterol, asam urat, gula darah, dan kelainan deformitas. Melalui program pemeriksaan Kesehatan ini, diharapkan kader dapat memberikan informasi dan edukasi kepada petani mengenai pentingnya menjaga kesehatan agar dapat mencegah penyakit yang sering menyerang masyarakat terutama petani.

Sumber: Dokumentasi Pribadi [Praktik Cek Kesehatan oleh kader Saung Tani CEKATAN]

Ketua RW 004, Arif Wibowo, sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan pemeriksaan Kesehatan. Beliau menyampaikan, "Program ini sangat bermanfaat dan meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan. Dengan adanya kader yang terlatih, masyarakat akan lebih perhatian dan proaktif dalam menjaga kesehatannya." Selain ketua RW, bidan, perawat dan PPL antirogo turut hadir dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan.

Sumber: Dokumentasi Pribadi [Praktik Cek Kesehatan oleh kader Saung Tani CEKATAN]

Salah satu kader Saung Tani Cekatan, Pak Mukid, juga mengungkapkan pendapatnya mengenai program ini. Ia mengatakan, "Program sebelumnya mengenai edukasi PTM, saat ini skrining atau cek kesehatan. Program pelatihan ini sangat bermanfaat dan saya tidak sabar untuk pertemuan selanjutnya."

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini merupakan lanjutan dari program sebelumnya yang bertujuan untuk memperdalam pemahaman Kader Cekatan mengenai pencegahan dan pemantauan kesehatan, Kami berharap melalui kegiatan ini masyarakat Kelurahan Antirogo semakin memahami cara menjaga kesehatan dan terhindar dari berbagai penyakit tidak menular yang bisa mengganggu produktivitas mereka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline