Lihat ke Halaman Asli

Jurnalisme Online menurut Mindy McAdams

Diperbarui: 18 Februari 2019   21:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Online Journalism

Istilah 'multimedia' bisa dikatakan tidak mutlak pada suatu konteks waktu atau peristiwa (Mindy McAdams, 2014). Hal ini berangkat dari sebuah fenomena di mana McAdams tidak menemukan adanya perjanjian atau konsensus antarwartawan tentang istilah ini. Suatu produk berita jurnalistik bisa dikemas dengan beberapa atau bahkan semua unsur yang mengarah pada multimedia.

Mindy McAdams

Menurut McAdams sendiri, pertama, multimedia terdiri dari beberapa unsur media. McAdams menekankan jurnalisme bisa dikatakan jurnalisme multimedia apabila mengandung setidaknya tiga unsur media dalam satu platform. Jika jurnalisme hanya mengandung dua unsur media atau bahkan kurang dari itu, maka jurnalisme tersebut bukan jurnalisme multimedia.

Kedua, multimedia mengandung sifat interaktif. Bahkan, kata 'multimedia' mungkin bisa digantikan dengan kata 'interaktif'. Artinya, pembaca tidak hanya meng-klik link berita saja, tetapi juga berinteraksi secara langsung dengan berbagai unsur media dalam suatu platform, entah itu melalui dukungan gambar, audio, video, infografis, atau bahkan animasi.

Apa sajakah unsur multimedia? Multimedia meliputi audio, video, foto, grafis, informasi dan grafik gerak.

Lalu bagaimana fungsi multimedia dalam kaitannya dengan pemberitaan suatu media?

Jawabannya: tentu saja untuk menarik minat bagi para pembaca.

Jika multimedia sudah dijelaskan di atas, lalu seperti apakah bentuk multimedia dalam jurnalisme online?

Jurnalisme online menawarkan bentuk baru dengan tampilan produk berita ditambah berbagai unsur multimedia yang sudah disebutkan di atas. Dua unsur tambahan yang bisa digunakan sebagai data pendukung adalah infografis dan peta interaktif. Infografis bertujuan untuk merangkum keseluruhan isi berita dalam bentuk data waktu kejadian dan peristiwa apa sajakah yang terjadi pada waktu tersebut. Peta interaktif bertujuan untuk memberikan gambaran detail terhadap suatu kejadian dalam berita.

McAdams memberikan contoh web jurnalisme online yaitu NPR. NPR atau National Public Radio adalah radio penyiaran publik di Amerika Serikat. Konten-konten dalam web tersebut justru tidak mencerminkan hakikat NPR sebagai lembaga penyiaran publik dalam hal ini radio yang seharusnya didominasi oleh produk audio. Web tersebut dilengkapi dengan tulisan, gambar, bahkan video yang sama sekali jauh dari hakikat konten NPR yang seharusnya diproduksi dalam bentuk audio.   

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline