Lihat ke Halaman Asli

Iya Oya

Laki-laki

Cerpen | Menunggu "Bajingan"

Diperbarui: 25 November 2018   17:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: Karya Pribadi

Saprol bukanlah manusia yang suka mencari keributan. Begitu pun memancing keributan, dia tak suka. Nyata, itu pernah terjadi ketika temannya yang bernama Jendol Kanan, yang memang hobi memancing, mengajaknya memancing pada suatu hari.

"Prol, mancing yok!"

"Nggak ah. Aku nggak suka buat keributan," jawab Saprol, yang kemudian membuat Jendol Kanan menggaruk-garuk kepalanya yang tak gatal.

Tapi malam itu, lagi-lagi nyata, bahwa keributan memang tak perlu dicari. Keributan datang sendiri dari dua orang manusia yang merupakan simpatisan dari capres yang berbeda. Mereka berdebat, mengagung-agungkan pilihannya. Juga sebaliknya, mereka merendahkan capres lawan.

Gundul Kiwo dan si Gobang ribut. Tapi sebagai the wolests man on the planet, Saprol tenang-tenang saja sambil terus cepas cepus menghisap rokoknya.

"Mestinya ini tak perlu terjadi," Saprol berkata dalam hati yang paling dalam sambil berharap tak ada yang bisa mendengar perkataannya tadi.

Tak perlu digambarkan soal isi perdebatan Gundul Kiwo dan Gobang, karena kita pasti sudah ketahui bersama.

Tak ada yang Saprol ingin lakukan. Dia tak ingin memanaskan suasana di malam yang memang sudah sedemikian panas itu. Kadang dia memejamkan mata. Dia ingin tidur, tapi ngantuk.

Sambil terkantuk-kantuk, beberapa kata terdengar samar di telinganya. Kata-kata yang tak asing di masyarakat, tapi menjadi kata-kata yang begitu filosofis belakangan ini.

"Genderuwo", "Sontoloyo", "Cebong", "Kampret", "Boyolali", dan lain-lainnya, merupakan kata-kata yang memiliki latar belakang kelahirannya masing-masing. Saprol tahu itu. Tapi dia tak mau ikut-ikutan menyebut kata-kata tadi. Padahal ada satu kata yang disukainya, yaitu "Bajingan". Sayangnya kata tadi tak keluar. Dia masih menunggu kata itu keluar. Sebuah kata yang kita tak perlu lagi mencari tahu etimologi dan terminologinya di wikipedia, karena kita semua pasti sudah paham.

Saprol berpikir, jika kata "Bajingan" tadi keluar, itu merupakan indikasi bahwa keributan yang selama ini terjadi sudah mencapai titik klimaksnya. Kita paham, bahwa salah satu kubu senang sekali menyerang kubu lain. Walaupun kubu yang diserang juga menyerang, tapi masih ada kesabaran dan penggunaan logika. Karena bagi Saprol, ketika seseorang sudah tak terkontrol emosinya, di situ tak akan lagi ada logika, akal sehat, baik-buruk maupun benar-salah. Maka orang-orang yang masih berpikir dengan akal sehatnya adalah mereka yang masih terdapat kesabaran di dalam dirinya, walaupun mungkin saja kadang terjadi ledakan yang tak bisa ditahan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline