Lihat ke Halaman Asli

Satriyo cahyo utomo

Hobby travelling dan kuliner

KKN Untag Surabaya 2021/2022: Peningkatan Kesadaran dan Peran Warga

Diperbarui: 28 Desember 2021   10:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mojokerto, Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 surabaya, Satriyo Cahyo Utomo mahasiswa jurusan administrasi publik melakukan kegiatan kuliah kerja nyata atau disingkat KKN mandiri di Desa Mlaten RT 02/RW01, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. Dalam pelaksanaan kegiatan KKN mandiri ini dimonitoring oleh Bapak Muhammad Roisul Basyar S.AP., M.KP selaku Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNTAG Surabaya yang bertugas sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Merebaknya Virus corona di Indonesia tidak menghalangi mahasiswa Universitas 17 Agustus Surabaya untuk melaksanakan kegiatan KKN. Dikarenakan masih dalam masa pandemi, KKN kali ini dilaksanakan secara individu di masing-masing domisili atau wilayah tempat tinggalnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan KKN yang bertemakan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh dilaksanakan selama 12 hari mulai dari tanggal 7 Desember 2021 -- 5 Januari 2022.

"Sebelum melaksanakan kegiatan KKN di wilayah tempat tinggal saya, maka yang perlu saya lakukan pertama kali adalah berkoordinasi dengan Perangkat RT setempat terkait dengan perizinan untuk melaksanakan KKN serta memaparkan program kerja KKN yang akan dilaksanakan" ujarnya. Masih banyaknya warga yang belum sadar bahwa pentingnya menjaga kesehatan dimasa pandemi. Dengan menjaga kesehatan maka warga tidak akan tertular virus corona dan dapat mengurangi angka penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, kegiatan KKN kali ini mengusung judul "Peningkatan Kesadaran dan Peran Warga Desa Mlaten dalam Memutus Penyebaran Covid-19".

Selama 12 hari, kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya antara lain pembuatan poster mengenai kegiatan yang dapat meminimalisir penyebaran Covid-19. Yang dimana tujuan dari adanya poster ini untuk meningkatkan pengetahuan warga Desa Mlaten terkait kegaiatan yang data mengurangi penyebaran Covid-19. Selain pembuatan poster, ia juga membuat tempat cuci tangan sederhana dengan bahan ember plastik. 

Dokpri

Dan tidak lupa, mahasiswa UNTAG Surabaya ini juga melakukan kegiatan penyuluhan kepada warga setempat terkait dengan cara memutus rantai penyebaran Covid-19, mahasiswi KKN juga membagikan kebutuhan sembako kepada beberapa warga khususnya kepada warga yang terdampak Covid-19.

Dokpri

Dokpri

  "saya berharap dengan dilakukannya kegiatan penyuluhan seperti ini kepada warga setempat dapat membantu menyadarkan warga agar tetap mentaati protokol kesehatan Covid-19 yang telah dianjurkan oleh pemerintah dan juga merupakan suatu bentuk kepedulian warga terhadap pemutus rantai penyebaran Covid-19 yang dimulai dari diri sendiri" ujarnya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline