Lihat ke Halaman Asli

Satrio Utomo

Mahasiswa Sastra Inggris Semester Akhir

Alasan Membeli The Summer Hikaru Died

Diperbarui: 17 Agustus 2024   23:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

    Sudah lama aku tidak lagi membeli komik. Bukan karena alasan tertentu, tapi memang sedang reading slump saja. Sejak bulan Juni kemarin, aku sangat fokus menulis skripsi dan dilanjutkan dengan revisi juga pengurusan yudisium hingga akhirnya wisuda. Butuh waktu agak lama untuk bisa menumbuhkan ketertarikanku pada membaca lagi. Sudah terlalu lama aku berkutat pada text book dan harus memeras otak untuk menuliskan sebuah karya akademik yang cukup panjang. Rasanya sudah lelah untuk melihat tulisan yang panjang.

    Tetapi, beberapa minggu lalu lewat sebuah imprint dari Gramedia yang baru aku ketahui. Namanya Phoenix Gramedia. Sejauh yang aku gali dari laman instagram mereka, imprint ini berfokus untuk menerbitkan light novel dan juga komik dari Kadokawa. Ada beberapa judul yang aku ketahui sebelumnya dan diterjemahkan oleh mereka ke Bahasa Indonesia. Contohnya ada Mushoku Tensei, juga Farming Life in Another World. Mereka biasanya membuka pre-order untuk light novel dan komik yang akan segera terbit dan mengumumkannya di laman instagram mereka. Buku-buku yang mereka terbitkan selalu memiliki kelebihan yang bisa memanjakan para kolektor. Tetapi, kalau kakmu bukan kolektor, kamu mungkin juga akan tertarik untuk membeli cetakan mereka, seperti aku.

    Bagaimana tidak? setelah pengumuman bahwa mereka akan mencetak The Summer Hikaru Died versi Indonesia, aku sebenarnya tidak tertarik karena tidak pernah mendengar judulnya. Tetapi, saat mendengar fitur komik ini, aku langsung tertarik. The Summer Hikaru Died veri Indonesia dicetak dengan book jacket yang memiliki desain berbeda dengan sampul dalam bukunya. Beberapa halaman awal juga dicetak dengan full colour. Bukan hanya itu, di cetakan pertama juga diselipkan kartu pos sebagai bonus.

    Aku yang juga adalah penikmat anime, merasa ini semua sangat menggemaskan dan wajib untuk dikoleksi. Apalagi, setelah aku menerima komik itu di tanganku, aku sangat terpukau dengan desain book jacket dari komik ini. Menurutku, desainnya memancarkan aura yang bisa dibilang hangat, gemas, tapi juga gloomy di saat yang bersamaan. Art style yang digunakan juga menurutku sangat mendukung suasana yang ingin dibangun dari komik ini. Sampai tulisan ini dibuat, aku masih belum membaca komik ini, tapi aku sangat tidak sabar karena penasaran cerita apa yang akan disajikan komik ini, juga menikmati gambar yang ada di dalamnya.

    Aku merasa, harga yang dibandrol untuk 1 volume ini tidak mahal dan menurutku komik ini worth the price untuk cetakan pertamanya. Karena kamu akan mendapatkan komik dengan book jacket dan sampul yang berbeda desain, juga kartu pos dengan desain khusus. Komik ini juga sudah menggunakan kertas book paper. Aku merasa cetakan-cetakan dari Phoenix Gramedia ini bisa meninggikan standart cetakan komik di Indonesia jadi lebih baik lagi dari sebelumnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline