Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Budaya Streaming Game Online di Indonesia

Diperbarui: 5 Januari 2022   23:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Budaya populer erat kaitannya dengan budaya massa. Sedangkan budaya massa adalah budaya populer yang diproduksi melalui teknik industri yang diproduksi secara massal dan dipasarkan untuk kepentingan khalayak konsumen massal. 

Budaya massa ini telah berkembang karena terdapat kemudahan dalam menyalin teknologi seperti percetakan, fotografi, perekaman suara, dan lain sebagainya. 

Sementara itu, budaya populer disebut budaya pop yang merupakan tempat perjuangan karena merupakan kekuatan yang beredar dalam masyarakat yang didefinisikan atau diperdebatkan. 

Budaya populer yang kini berkembang pesat juga mendorong untuk mendefinisikan budaya massa yang masif dan sulit dikendalikan (Aslamiyah, 2013).

Pada berkembangnya era digital 4.0. saat ini, aktivitas streaming game online di Indonesia melonjak tinggi. Semenjak olahraga daring (online) atau e-sport mulai berkembang di Indonesia, platform  streaming di Indonesia semakin berkembang dengan sangat pesat. 

Contohnya seperti platform Nimo TV yang banyak digunakan oleh atlet e-sport Indonesia untuk melakukan streaming dengan tipe gaming seperti game Mobile Legend Bang Bang, Player Unknown Batle Ground (PUBG), Garena Free Fire, Clash Royal, League of Legends, Valorant, Point Blank, dan lain-lainnya. 

Seiring dengan perkembangan internet di Indonesia, hampir seluruh kalangan masyarakat juga mulai mengikuti budaya streaming di platform yang terdapat di internet seperti Youtube, Nimo TV, Twicth, Tik Tok, Facebook, dan berbagai macam platform lainnya.

Selain dari alasan hanya mengikuti tren atau budaya yang ada, pada umumnya masyarakat juga mulai melakukan streaming karena bisa mendapatkan penghasilan dari bermain game online atau hanya sekedar streaming biasa. 

Semenjak Pandemi Covid-19 mewabah, budaya streaming atau tren streaming online mengalami peningkatan yang sangat pesat sehingga memunculkan creator-creator atau streamer baru di dunia media sosial di Indonesia. Contoh streamer yang sedang naik daun melalui streaming game online seperti Windah Basudara, Rio Djaja, Celiboy, BTRUhigh, dan masih banyak lagi. Dan streamer-streamer di atas menjadi panutan dan tempat hiburan bagi penonton atau penikmat video game.

Eksistensi situs streaming game online di Indonesia menjadi sebuah hiburan sekaligus sumber penghasilan dari para penonton dan streamer

Game yang mulanya hanya sekedar hiburan dan terdapat pengawasan oleh orang tua ketika anak bermain dengan alasan tidak mengedukasi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline