Lihat ke Halaman Asli

Satrio Dhafirsto Idhandra

Mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Dampak Mahasiswa Meningkatkan Digitalisasi UMKM: Mampukah Mahasiswa dapat Mewujudkan Hal tersebut?

Diperbarui: 20 Mei 2023   02:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa adalah garda terdepan yang biasanya mendapatkan banyak informasi terutama pada bidang teknologi,adanya hal tersebut seharusnya dapat membantu sebagian maupun sekelompok untuk mengelola sebuah bisnis.Seringkali kita pun melihat banyak sebuah bisnis yang hanya stuck di poin poin itu saja dalam mengelola bisnis nya.Pada zaman yang mulai maju khusus nya dibidang teknologi peran mahasiswa diharap dapat membantu digitalisasi pada umkm,karena dengan hal itu setidaknya dapat membantu mereka dalam menjalankan bisnis nya.Mungkin ada beberapa peran penting mahasiswa dalam melakukan digitalisasi pada pelaku bisnis UMKM :

1.  Konsultasi dan pendampingan: Mahasiswa dapat memberikan konsultasi dan pendampingan kepada pemilik UMKM dalam mengadopsi teknologi digital. Mereka dapat membantu dalam pemilihan aplikasi atau platform yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan UMKM.

2. Pelatihan dan edukasi: Mahasiswa dapat mengadakan pelatihan dan edukasi mengenai penggunaan teknologi digital kepada pemilik UMKM dan pegawai mereka. Hal ini meliputi pengenalan terhadap platform atau aplikasi e-commerce, pemasaran digital, manajemen  dan keuangan digital.

3. Kolaborasi dengan UMKM: Mahasiswa dapat menjalin kolaborasi dengan UMKM untuk mengembangkan solusi digital yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Melalui kerja sama ini, mahasiswa dapat mengasah keterampilan dan pengetahuan mereka serta memberikan manfaat langsung bagi UMKM. 

4. Analisis data dan strategi pemasaran: Mahasiswa yang menguasai analisis data dan pemasaran digital dapat membantu UMKM dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data pelanggan. Hal ini akan membantu UMKM mengidentifikasi tren pasar, mengoptimalkan strategi pemasaran, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. 

Setidaknya jika beberapa hal diatas sudah dilakukan pasti akan ada perkembangan pada bisnis yang mereka jalani dan pasti akan menjadi pelajaran kedepan nya untuk terus menjalankan bisnis tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline