Lihat ke Halaman Asli

Satrio Dhafirsto Idhandra

Mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Haruskah UMKM Go Digital: Mulai Mencoba Dengan Media Sosial atau E-Commerce?

Diperbarui: 19 Mei 2023   19:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro.Seperti diatur dalam peraturan perundang-undangan No. 20 tahun 2008.UMKM sering kali kita jumpai pada kehidupan sehari hari,mungkin bisa jadi orang tua kita adalah pelaku usaha tersebut,bisa tetangga kita maupun orang orang yang kita kenal lain nya.

Dengan adanya menjadi Go Digital dapat menjangkau pasar yang luas,karena UMKM dapat menjangkau pelanggan potensial di berbagai wilayah, bahkan secara internasional. Internet memungkinkan bisnis untuk menembus batasan geografis dan mencapai audiens yang lebih luas, sehingga membuka peluang peningkatan penjualan dan pertumbuhan bisnis.Lalu dengan melakukan hal tersebut dapat meningkatkan visibilitas dan branding,dengan hadir nya pada platform digital memberikan kesempatan bagi UMKM untuk meningkatkan visibilitas dan menciptakan brand awareness. 

Dengan strategi pemasaran digital yang tepat, bisnis dapat memperluas kehadirannya di media sosial, mesin pencari, dan platform e-commerce, sehingga menciptakan kesadaran dan kepercayaan dari calon pelanggan.Apalagi saat ini dalam konteks media sosial sering kali disebut dengan Endorsment yaitu dengan cara membayar seseorang Influencer untuk membantu memasarkan produk yang kita punya.

Dengan menggunakan cara Go Digital pelaku UMKM harus melakukan inovasi dan adaptasi,karena dunia bisnis terus berkembang, dan UMKM yang tidak mengikuti tren digital berisiko tertinggal. Dengan go digital, UMKM dapat lebih cepat beradaptasi dengan perubahan pasar, menerapkan inovasi dalam operasi mereka, dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing bisnis.Maka pada saat ini tidak ada salahnya untuk memulai mencoba melakukan hal tersebut untuk melakukan pada bisnis tersebut,jika hal tersebut belum terasa berhasil setidaknya akan ada perkembangan pada bisnis tersebut maupun akan dapat banyak pelajaran dalam menjalani bisnis itu.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline