Lihat ke Halaman Asli

Satrio Bimantoro

Official Account

Knowledge Management dalam Organisasi

Diperbarui: 24 Oktober 2020   19:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: https://www.secondnature.com.au

Setiap orang dalam sebuah lembaga dan organisasi pasti memiliki pengetahuan dan kemampuan tertentu untuk menjalankan pekerjaannya sehingga berkontribusi untuk meningkatkan kualitas dari perusahaan tersebut. Salah satu faktor yang mendorong terciptanya pengetahuan dan kemampuan adalah knowledge management dalam lembaga dan organisasi tersebut. Namun, apa yang dimaksud dari knowledge management?

Definisi

Sumber: https://www.kmslh.com

Knowledge management dapat disebut sebagai manajemen pengetahuan. Sebelum menjelaskan tentang manajemen pengetahuan, saya ingin membedah konsep dari istilah "manajemen" dan "pengetahuan" terlebih dahulu.

Sederhananya, pengetahuan adalah output dari serangkaian pemrosesan data mentah menjadi informasi yang berguna untuk satu atau banyak orang. Mulyanto (2009: 19)  menjelaskan bahwa informasi yang dipadukan dengan pengalaman masa lalu dan keahlian akan memberikan suatu pengetahuan yang bernilai tinggi.

Menurut Nonaka dan Takeuchi (1995) bentuk pengetahuan dapat dibagi menjadi dua, yaitu tacit knowledge (pengetahuan tersembunyi) dan explicit knowledge (pengetahuan nyata dan tampak).

Tacit knowledge adalah pengetahuan bersifat abstrak yang ada dalam otak manusia. Biasanya tacit knowledge berisi tentang keahlian atau keterampilan yang diperoleh dari pengalaman. Sedangkan explicit knowledge adalah pengetahuan yang telah dituangkan pada wadah tertentu sehingga orang lain lebih mudah dalam menguasai pengetahuan tersebut.

Selanjutnya, George Robert Terry menjelaskan bahwa manajemen adalah sebuah proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Jadi knowledge management dapat diartikan sebagai proses menciptakan, membagikan, menggunakan dan mengelola pengetahuan yang dilakukan oleh lembaga dan organisasi untuk mencapai tujuan atau target yang telah ditetapkan sebelumnya.

Unsur-Unsur Knowledge Management

Sumber: https://ideas.com

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline