Lihat ke Halaman Asli

Digital Creative Mendorong Transformasi UMKM di Indonesia

Diperbarui: 29 Agustus 2023   07:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Industri kreatif saat ini yang berkembang pesat adalah industri kreatif yang berbasis teknologi digital. Industri kreatif yang berbasis teknologi digital atau disebut juga Digital Creative Industries (DCI), industri ini tidak lepas dari kebutuhan untuk memanfaatkan ICT (Information and Communication Technology). 

Teknologi berperan penting dalam industri kreatif digital untuk merangsang pengembangan produk dan layanan baru, saluran distribusi, model bisnis, dan bahkan kemungkinan ekspansi ke sektor ekonomi baru. Peran TIK sangat besar bagi industri kreatif digital, seperti dalam pendistribusian konten dan perangkat lunak aplikasi untuk membangun pasar bagi Industri Kreatif Digital.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, strategi digital creative ini juga digunakan untuk mendorong kemajuan UMKM di Indonesia. UMKM merupakan salah satu jenis kegiatan usaha yang berpotensi meningkatkan lapangan kerja, memberikan berbagai layanan perekonomian kepada masyarakat, memberikan kontribusi terhadap keadilan dengan meningkatkan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan membantu mencapai stabilitas nasional.

Selain itu, UMKM merupakan salah satu penopang utama perekonomian nasional dan harus diberikan kesempatan terbaik untuk berhasil serta mendapat dukungan, perlindungan, dan pengembangan agar sejalan dengan kelompok usaha ekonomi kerakyatan dengan tidak mengesampingkan pentingnya perusahaan besar dan badan usaha milik negara.

Pertumbuhan digital kreatif yang saat ini semakin marak diduga mampu mendukung kemajuan industri kreatif dalam memanfaatkan saluran digital dalam hal pemasaran. Di berbagai sektor korporasi, mulai dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga brand multinasional yang membutuhkan strategi dari digital creatives, karena fungsi digital creative saat ini banyak dicari untuk memberikan wawasan yang relevan untuk mendorong transformasi digital. 

Adanya digital creative ini dapat membantu untuk mengembangkan bisnis UMKM di Indonesia. Pada era digitalisasi ini, menggunakan strategi digital creatives merupakan cara yang lebih cepat, lebih mudah, dalam menjangkau konsumen dalam cakupan yang lebih luas. Tentunya hal tersebut sangat bagus untuk transformasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Hal ini penting dalam persaingan untuk meningkatkan revenue dan branding dengan kompetitor.

Salah satu strategi digital creative yang bisa digunakan oleh UMKM yaitu dengan melek sosial media.  Dalam konten media sosial konten menjadi hal utama agar produk dan jasa yang ditampilkan bisa menarik perhatian para konsumen. Oleh sebab itu para pelaku usaha UMKM harus mengerti mengenai konten-konten kreatif dalam pemasaran digital. Sebab di era digital ini, konten merupakan pilar utama agar dapat bersaing di ranah digital. Tanpa konten kreatif sudah bisa dipastikan pengembangan UMKM berbasis digital sulit untuk membuahkan hasil yang signifikan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline