Lihat ke Halaman Asli

Ginjal Sehat, Hidup Bahagia

Diperbarui: 24 Juni 2015   19:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Fungsi ginjal adalah tempat membersihkan darah dari berbagai zat hasil metabolism tubuh dan racun yang tidak dibutuhkan dalam bentuk air seni, mempertahankan keseimbangan dan mengatur konsentrasi dan komposisi cairan tubuh.Walau kecil, organ ini tergolong sangat vital sehingga masyarakat awam menyebutnya juga dengan buah pinggang.

Menjaga kesehatan ginjal merupakan hal penting yang harus dilakukan. Betapa tidak, ginjal memiliki fungsi yang luar biasa dalam tubuh manusia, sehingga bila ada kelainan yang mengganggu organ ginjal, berbagai penyakit bisa kita derita. Kelainan ini bisa berupa penyakit ringan seperti penyakit infeksi saluran kemih atau sangat berbahaya seperti gagal ginjal.

Tanpa adanya penjagaaan yang baik, ginjal tidak akan berfungsi dengan baik. Bila ginjal tidak berfungsi (gagal ginjal), sisa metabolisme yang tidak dikeluarkan tubuh akan menjadi racun bagi tubuh sendiri. Cairan yang tidak bisa keluar dari tubuh akan menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di seluruh rongga tubuh sehingga terjadi sembab dan sesak napas. Bila tidak diatasi segera, orang mengalami gagal ginjal akan menyebabkan kematian.

Yang harus dilakukan bila sudah mengalami gagal ginjal adalah mengobatinya, mencuci darah atau bahkan membuangnya. Kalau baru salah satu yang dibuan, manusia masih bisa hidup normal. Satu ginjal bisa menjalankan dua fungsi ginjal. Tetapi kalau keduanya rusak, maka harus mencari donor ginjal yang tidak mudah karena harus melalui banyak prosedur. Selain itu, biaya cangkok ginjal ini tidak murah.

Sebelum semua kegagalan yang dialami oleh ginjal, sebelum rasa sakit yang luar biasa menyerang tubuh, menjaga kesehatan secara keseluruhan adalah pilihan mutlak yang tidak boleh ditawar. Kita bisa melakukan beberapa langkah untuk membuat ginjal tetap sehat, yaitu minum air putih 2-3 liter setiap hari, mengurangi makanan asin, hindari minuman beralkohol, terapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga, istirahat yang cukup, serta mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Ginjal yang sehat akan membuat hidup kita sehat dan bahagia. Mari sayangi ginjal mulai dari sekarang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline