Lihat ke Halaman Asli

Satria Adhika Nur Ilham

TERVERIFIKASI

Freelancer

Tak Perlu Bingung, Ini Lima Aktivitas Bermanfaat Selama Ramadan di Rumah Saja

Diperbarui: 27 April 2021   23:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi bersantai sejenak di dalam rumah, sumber : Shutterstock

Ramadan tahun ini masih sama dengan tahun lalu, ya di rumah saja. Bedanya, sekarang sudah dibolehkan sholat Tarawih di masjid dengan batas kapasitas yang ditentukan. Beberapa aktivitas juga sudah dibolehkan, namun karena situasi pandemi yang belum usai, lebih baik kita melakukannya di dalam rumah.

Tentu, bagi sebagian orang, Ramadan di rumah saja akan terasa membosankan. Biasanya Ramadan selalu diisi dengan bersama-sama, seperti khataman Al-Qur'an di masjid, mendengar kajian agama, dan juga mengadakan berbuka puasa bersama dengan teman. Namun akibat pandemi, semua jadi berbeda.

Tapi, seandainya kita ingin mengambil hikmahnya, Ramadan di rumah saja memberikan banyak manfaat untuk diri kita. Berikut beberapa manfaatnya:

Pertama, ibadah menjadi lebih maksimal. Dengan beribadah di dalam rumah, kita bisa lebih khusyu serta terhindar dari sifat riya'. Kita juga bisa lebih bebas dalam menentukan ibadah apa saja yang mau kita lakukan. Seperti tadarus, sholat sunnah, ataupun zikir, bisa kita laksanakan dengan maksimal.

Kedua, lebih dekat dengan keluarga. Ramadan di rumah saja membuat waktu kebersamaan kita dengan keluarga jadi lebih banyak. Kita bisa mengajak anak-anak atau istri untuk sholat berjamaah di rumah, berbuka puasa bersama, ataupun bermain dengan keluarga. Kamu yang dulunya selalu sibuk ketika Ramadan, kini bisa menghabiskan waktu Ramadan-mu dengan keluarga.

Ketiga, lebih leluasa dalam mencari passion dan memperdalam skill. Kamu bisa belajar dan membaca banyak buku, atau mencoba melakukan hal-hal baru. Kamu bisa manfaatkan momen Ramadan di rumah saja untuk mencari apa passion kamu sesungguhnya dan skill apa yang harus kamu kuasai. 

Keempat, Aktivitas yang kamu lakukan jadi punya tujuan. Jika dahulu Ramadan-mu hanya dihabiskan dengan nongkrong di luar, bermain, dan ngabuburit di jalanan. Sekarang kamu bisa melakukan aktivitas yang lebih produktif dan bermanfaat. Kamu jadi bisa mengurangi kegiatan-kegiatan unfaedah di luar sana.

Bicara soal aktivitas, aktivitas apa saja yang kamu lakukan selama Ramadan di rumah saja?

Banyak orang yang kebingungan ingin melakukan apa. Karena itu, mereka menghabiskan waktunya hanya untuk tidur, nonton, berbuka, main sosmed, lalu tidur lagi hingga sahur. Padahal, ada banyak lho aktivitas seru yang bisa kamu lakukan selama Ramadan di rumah saja.

Apa saja sih? Yuk simak, 5 aktivitas bermanfaat yang bisa kamu lakukan di rumah saja.

1. Menambah wawasan yang belum diketahui

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline