Lihat ke Halaman Asli

Satria Abiyusti

Mahasiswa Mekatronika Politeknik Astra

Robot Pemulung Sampah di Sungai

Diperbarui: 17 Juli 2024   17:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

  Penerapan robot pemulung sampah otomatis di sungai merupakan aspek penting untuk kebersihan sungai dalam menjaga ekosistem sungai dan menjaga lingkungan di kehidupan sehari hari. Dengan penarapan robot pemulung otomatis ini dapat menghemat energi dan biaya. Penerapan robot ini di harapkan untuk mempermudah membersihkan sungai yang kotor dengan cara yang terbilang mudah. memanfaatkan teknologi ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pencemaran sungai, Serta memberikan data yang diperlukan untuk mengembangkan strategi yang efektif dan kebijakan yang berkelanjutan.

Penerapan robot otomatis pembersih ini memiliki banyak manfaatnya salah satunya ada  kesehatan dan kenyamanan linkungan dan kesejahteraan ekosistem sungai. Robot ini berbentuk seperti kapal tanpa awak yang dimana robot itu bisa dikendalikan dengan cara jarak jauh dengan menggunakan remote control. Kelebihan dari robot ini mempunyai kemampuan umtuk digunakan dalam situasi beresiko tinggi tanpa mengancam nyawa manusia dan dapat digunakan di area yang sulit terjangkau. Umumnya robot ini digunakan di permukaan yang arus airmya tidak deras

Aspek perkembangan robot ini perlu banyak diperhatikan pertama,  dari sisi inovasi teknologi supaya bisa terus berkembang sebagaimana mengikuti zaman teknologi. kedua, dari sisi regulasi penggunaan robot juga telah berkembang sebagai respons terhadap pertumbuhan industri robot. Banyak negara telah mengeluarkan peraturan yang mengatur penggunaan robot sampah ini. ketiga, dari sisi keamanan dan privasi banyak upaya telah dilakukan untuk mengembangkan teknologi seperti system penghalang dan deteksi

memandu robot ke Lokasi yang kita imginkan dapat menggunakan kombinasi semua komponen robot dapat melakukan navigasi dengan akurasi tinggi dan dapat diandalkan. Ada beberapa komponen utama navigasi yang diantaranya ada: GPS, sensor inertial, sistem pengiriman, telemtri pengendalian jarak jauh, sistem Penghindaran rintangan, algoritma navigasi, kamera dan sensor visual.

Terakhir ada sistem penyetoran sanmpah yakni adalah serangkaian infrastruktur yang dirancang untuk menyetor sampah dari lokasi pengambilan sampah ke lokasi pengumpulan sampah dengan aman, cepat, dan efisien. Sistem pengiriman sampah yang banyak tergantung pada pengambilan sampah disungai. proses pengaduan, proses pengembalian sampah, proses sortir, proses penyetoran sampah ke TPA.

Artikel ini menggambarkan tentang pengembangan sistem pembersih sampah otomatis di sungai yang dilengkapi sensor pengendali menawarkan solusi yang inovatif dan efisien untuk mempermudah membersihkan aliran sungai atau danau yang sulit dijangkau dan menghemat waktu. Sehingga meningkatkan efisiensi operasional. Robot sampah ini dapat menjangkau area terpencil atau sulit diakses, memberikan fleksibilitas lebih dalam operasi kebersihan lingkungan. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jaringan kebersihan yang lebih luas dan adaptasi untuk berbagai kondisi operasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline