Pemerataan pendidikan di Indonesia berarti memberikan kesempatan yang sama bagi semua warga negara untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas, baik di daerah pedesaan maupun perkotaan.
Pemerintah berusaha untuk mengatasi masalah pemerataan pendidikan melalui berbagai program seperti peningkatan infrastruktur sekolah, penyediaan bahan ajar yang berkualitas, dan peningkatan kualitas tenaga pendidik.
Namun, masih banyak tantangan yang harus diatasi, seperti keterbatasan akses bagi masyarakat miskin dan kualitas pendidikan yang belum merata di seluruh wilayah Indonesia.
Menurut para ahli, pemerataan pendidikan merupakan upaya untuk memberikan akses dan kesempatan yang sama bagi semua individu untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas, tanpa terkecuali tergantung dari latar belakang sosial, ekonomi, atau gender. Pemerataan pendidikan juga bertujuan untuk mengatasi ketidakadilan sosial dan ekonomi, serta memperkuat partisipasi aktif masyarakat dalam proses pembangunan.
Pendidikan merupakan hak asasi setiap individu, dan pemerataan pendidikan menjadi sangat penting untuk menjamin bahwa semua warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan.
Para ahli juga menekankan pentingnya pemerataan pendidikan untuk memastikan bahwa generasi muda memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi sumber daya yang berdaya saing dan berkontribusi positif bagi pembangunan masyarakat dan negara.
Beberapa ahli pendidikan yang membahas tentang pemerataan pendidikan dan memberikan pandangan mereka tentang hal tersebut, di antaranya adalah:
- Paulo Freire - seorang ahli pendidikan brasil yang menekankan pentingnya pendidikan bagi pemberantasan ketidakadilan sosial dan ekonomi.
- John Dewey - seorang filsuf dan ahli pendidikan Amerika Serikat yang menekankan pentingnya pendidikan bagi pembangunan masyarakat dan negara.
- Richard Rothstein - seorang ahli pendidikan dan peneliti sosial Amerika Serikat yang membahas tentang pemerataan pendidikan dan dampaknya terhadap kesenjangan sosial dan ekonomi.
- Henry Giroux - seorang ahli pendidikan Kanada yang membahas tentang pentingnya pendidikan untuk memastikan hak asasi manusia dan pemerataan.
- bell hooks - seorang ahli pendidikan dan feministik Afrika-Amerika yang membahas tentang pemerataan pendidikan dan hak asasi perempuan.
Ini hanya beberapa contoh dari banyak ahli pendidikan yang membahas tentang pemerataan pendidikan dan memberikan pandangan mereka tentang hal tersebut. Semua ahli tersebut sepakat bahwa pemerataan pendidikan sangat penting dan harus menjadi prioritas bagi pemerintah dan masyarakat.
Dan apakah di indonesia sudah memberlakukan pemerataan pendidikan? Tentunya sudah, tapi masih ada beberapa kekurangan dan ketersampingan sehingga, masih saja ada orang-orang, golongan-golongan dan daerah-daerah yang masih tersampingkan karena soal kesenjangan ekonomi dan sosial.
Keadaan pemerataan pendidikan di Indonesia masih mengalami beberapa masalah. Meskipun pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan, masih banyak kendala yang dihadapi. Beberapa masalah yang masih terjadi diantaranya adalah:
- Infrastruktur sekolah yang belum merata, terutama di daerah pedesaan dan terpencil.
- Kualitas tenaga pendidik yang belum merata, terutama di sekolah-sekolah di daerah terpencil.
- Keterbatasan akses bagi masyarakat miskin, karena biaya pendidikan yang tinggi.
- Kurangnya bahan ajar yang berkualitas dan teknologi pendidikan yang masih kurang memadai.
- Discriminasi gender, dimana perempuan masih mengalami kesulitan untuk memperoleh pendidikan yang sama dengan laki-laki.