Lihat ke Halaman Asli

Satria Widiatiaga

TERVERIFIKASI

Guru Sekolah Alam

Serupa Tapi Tak Sama, Pilih Oud Atau Parfum ?

Diperbarui: 2 Agustus 2024   11:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kayu Gaharu dan Minyak Oud ( sumber : Kompas Lifestyle)

Pada waktu kami menjalankan ibadah umrah di tahun 2019, saya mengingat momen yang tak terlupakan di Masjidil Haram, dan saya rasa pengalaman ini sering tentunya dialami oleh para pembaca sekalian yang pernah melakukan ibadah umrah atau haji.

Saat itu tepatnya di lorong Masjidil Haram, saya dipanggil seorang lelaki Arab tua dengan pakaian jubah khas timur tengahnya, saya pun dan beberapa jemaah menuju ke arah beliau, lalu lengan dan leher saya diolesi sebuah roll kecil bearoma khas yang wanginya sangat berbeda dengan parfum biasa.

Aroma khas itu selalu terngiang dalam benak saya, karena memang aromanya tidak seperti parfum biasanya, lebih kepada menentramkan jiwa.

Beberapa jemaah lainnya menuturkan itu namanya Oud, bukan parfum. Saya pun menjadi bingung apa bedanya, bukankah sama-sama mengeluarkan aroma wangi khas.

Setelah kejadian itu, saya pun mencoba membeli Oud asli dari Mekkah, dan Alhamdulillah entah bagaimana ceritanya saya bisa membeli Oud dengan harga diskon yang banyak sekali, padahal saya membelinya di sebuah outlet Mall di sekitar Masjidil Haram, dan memang ternyata ditelusuri, harga aslinya mahal, saya sangat bersyukur bisa memilikinya karena dibeli dengan harga terjangkau, hingga kini tidak saya habiskan, hanya digunakan pada acara-acara penting saja, karena memang baunya sangat khas menenangkan jiwa serta aromanya bisa tahan hingga seminggu lebih.

Minyak wangi Oud koleksi saya asli dari Arab (sumber : dokumentasi pribadi)

Oud memang bisa dikatakan sebagai wewangian, tapi tidak juga bisa mutlak dikategorikan sebagai jenis parfum. Pada artikel ini kita akan membahas perbedaan antara Oud dan Parfum.

Dunia wewangian sering identik dengan kemewahan dan kewibawaan, dan selama berabad-abad orang mencari wewangian terbaik untuk mengekspresikan kepribadian unik mereka, namun sebenarnya persepsi tidak sepenuhnya benar wewangian sebagai barang mewah, karena kita memang dituntut menjaga aroma tubuh kita selalu wangi jika keluar rumah, jadi sebenarnya wangi adalah juga kebutuhan hidup.

Nabi Muhammad SAW sendiri adalah pribadi penyuka wewangian, banyak hadis yang meriwayatkan bahwa beliau sangat menyukai hadiah minyak wewangian.

Oud dan parfum adalah dua produk wewangian paling populer dan terkenal di pasaran saat ini, namun apa sebenarnya perbedaan di antara keduanya? Walau keduanya mungkin serupa pada sekilas pandang, namun disini terdapat beberapa perbedaan utama yang membedakannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline