Lihat ke Halaman Asli

Satria Widiatiaga

TERVERIFIKASI

Guru Sekolah Alam

Taman Pakujoyo, Tempat "Dolanan" Bocah Sukoharjo

Diperbarui: 17 Juli 2024   11:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana Rimbun Taman Pakujoyo Sukoharjo (sumber : dokpri)

Minggu pagi itu, kami sekeluarga hendak berjoging ria menghirup udara sejuk beberapa hari ini yang suhunya agak dingin, orang Jawa area Solo, menyebutnya 'bediding', yaitu kondisi dimana cuaca jarang turun hujan, matahari terik, tetapi hawa suhunya bisa cukup dingin, hal yang biasa terjadi sekitar bulan Juli-Agustus di pulau Jawa bagian selatan.

Hari itu kami pun memilih lokasi joging yang tak terlalu jauh dari rumah, nama Taman Pakujoyo, sebuah taman yang relatif paling luas di Kecamatan Sukoharjo.

Luas taman ini mencapai 4.371 meter persegi, memang lumayan luas untuk ukuran taman kota. Fasilitasnya juga sangat lengkap, banyak gazebo dan tempat duduk tersedia dimana-mana, kanal-kanal kecil yang banyak ikannya, taman lalu lintas, wahana bermain anak, hingga telaga yang cukup luas dilengkapi perahu bebek yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

Area taman lalu lintas Taman Pakujoyo (sumber: dokpri)

Taman ini sangatlah rindang dan rimbun akan pepohonan dan tanaman hias, menambah sejuknya suasana sangat bersantai atau berolahraga di sana.

Anak saya sangat senang bermain di taman ini, karena area Playground memiliki koleksi permainan yang cukup banyak dan sangat terawat, belum lagi ada juga fasilitas wahana permainan anak yang disediakan oleh pengelola.

Area Playground yang sangat luas, lengkap dan teduh (sumber : dokpri)

Sementara saya paling menyukai area kanal yang cukup bersih dan rindang, serasa berjalan-jalan di little Holland.

Di sini juga anak-anak bisa bermain sepeda di area taman lalu lintas, yang dilengkapi berbagai rambu lalu lintas, sebagai bentuk edukasi kedisiplinan lalu lintas bagi anak-anak.

Area Kanal, tempat favorit saya dan istri (sumber : dokpri)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline