Lihat ke Halaman Asli

Satria Widiatiaga

TERVERIFIKASI

Guru Sekolah Alam

Upaya Agar Remaja Berbakat Meraih Prestasi

Diperbarui: 8 Juli 2024   14:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi anak remaja memenangkan trofi piala ( sumber : freepik )

Banyak orang tua terkesima melihat acara televisi yang menampilkan remaja-remaja berbakat dalam acara ajang pencarian bakat, tak ayal kadang membuat mereka bertanya-tanya kenapa anaknya yang juga sudah beranjak remaja tidak bisa menunjukkan prestasi yang serupa.

Bagi orang tua yang berpikiran sempit, kerap menyalahkan dan membanding-bandingkan remaja berbakat yang tampil dalam ajang pencarian bakat dengan anaknya sendiri, tentunya hal ini tak bisa dibenarkan dalam ilmu parenting, justru orangtua harus belajar bagaimana menstimulasi potensi bakat yang dimiliki anak remajanya.

Terkadang ada beberapa hal yang kadang tidak disadari oleh orangtua bahwa sang remaja mempunyai potensi dapat berkembang dengan bakat yang dimilikinya.

Jika sang anak mempunyai keinginan mencoba banyak hal dengan penuh semangat, namun terkadang terkadang mudah bosan setelah melakukannya apabila tak sesuai harapannya, justru sebenarnya hal tersebut merupakan sinyal awal memiliki spirit dalam penggalian bakat dalam dirinya.

Kemudian apabila ketika belajar dia mudah pecah konsentrasinya, karena justru tertarik pada hal lain, bisa jadi hal yg membuat dia tertarik adalah potensi bakat alami yang dimilikinya.

Lalu bagaimanakah menstimulasi para remaja kita agar dapat meraih prestasi yang membanggakan, Afin Murtie, S.Psi, pengasuh laman web Parenting Marital Sharing dalam bukunya "Anakku Sahabatku" memberikan 6 hal yang dapat menstimulasi bakat minat pada anak remaja, berikut ulasannya.

Penelusuran Bakat

Perhatikan selalu remaja semenjak dini, termasuk ciri khas serta kebiasaannya. Konsultasikan kepada psikiater atau psikolog apabila menemui hal yang unik dalam tumbuh kembangnya, serta belajar lebih jauh tentang pola asuh bagi remaja berbakat kepada ahlinya.

Pendampingan Bakat

Pahamilah segala sifat, sikap dan bahkan argumentasi tentang dirinya. Berikanlah pengertian dengan bijak dan tidak terkesan menggurui kepada mereka. Jalinlah hubungan dengan guru di sekolah untuk saling kerjasama dalam mendalami perilaku unik mereka. Berikanlah tambahan pelajaran atau keterampilan sesuai dengan keinginan dan bakat mereka.

Lingkungan Yang Sesuai

Buatlah suasana rumah terasa nyaman bagi mereka. Biasakan mereka untuk bergaul dengan baik bersama lingkungan sekitar mereka, untuk munculkan kepercayaan dirinya. Jika perlu mencarikan sekolah yang sesuai dengan kemampuan mereka dan bisa memahami beberapa perbedaan mereka dengan teman-temannya.

Mendukung Penuh

Selalu menyediakan waktu untuk mendengar keinginan dan memperhatikan kemampuannya. Ikutkanlah mereka pada sebuah les atau kursus keterampilan sesuai dengan bakat yang dimiliki, jangan takut pernah untuk mencoba, sampai ketemu kelas kursus yang sesuai dengannya. Sediakan fasilitas penunjang bakatnya di rumah seperti alat musik jika dia mempunyai bakat minat dalam musik.

Tak Ada Paksaan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline