Lihat ke Halaman Asli

Refleksi Dunia Pendidikan Kita

Diperbarui: 21 Mei 2016   03:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

citizen6.liputan6.com

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), pada tahun 2016 ini telah menggagas sebuah konsep pendidikan sebagai gerakan semesta. Gerakan ini menekankan pada keterlibatan seluruh elemen bangsa untuk merasa memiliki terhadap dunia pendidikan. Mulai dari dunia bisnis yang peduli akan pendidikan, Ormas maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) mendorong, mengorganisasi, sekaligus menjadi pemantau pendidikan, dan pemerintah sebagai fasilitator pendidikan.

Konsep ini hampir sama dengan konsep pemberantasan korupsi. Di mana jargon utamanya bahwa korupsi adalah musuh bagi semua orang. Hal ini menekankan kepada kesadaran kolektif masyarakat, baik terhadap rasa memiliki dalam dunia pendidikan, maupun kesadaran memberantas korupsi.

Berbicara tentang kesadaran kolektif merupakan urgensi yang terus menerus mengalami degradasi. Cukup sulit menjadi pemicu kesadaran kolektif, khususnya pada dunia pendidikan. Tawaran pada konsep (tekstual), banyak pihak mengklaim memiliki cara jitu dalam membangun kesadaran kolektif, namun tataran priktiknya kita nihil dalam menjadi penggagas kesadaran universal tersebut.

Apa relasi yang menyebabkan sulitnya menumbahkan kesadaran kolektif terhadap konsep pendidikan sebagai gerakan semesta? Jawabannya karena banyak orang tidak merasa menjadi bagian dalam pemicu kesadaran tersebut. Contoh misalnya, pelaku bisnis yang pada jam sekolah membiarkan siswa bermain di warnet, di rental playstation, dan lainnya. Mengapa dibiarkan? Akarnya lagi-lagi kita temui, regulasi yang kurang sosialisasi maupun tidak adanya sanksi.

Konsep pendidikan sebagai gerakan semesta memang dalam tataran konseptual sangat ideal bagi penggerak dunia pendidikan nasional, namun antara yang ada (das sein) dan yang seharusnya ada (das sollen) seringkali kontradiksi. Karena menumbuhkan kesadaran yang masif, harus juga membutuhkan usaha yang masif.

Kritik Terhadap Realitas Pendidikan Kita

Ada beberapa kritikan penulis untuk pendidkan kita saat ini. Menurut penulis dalam realitas pendidikan kita saat ini, ada hal-hal yang sifatnya urgensi untuk kita benahi bersama-sama.

Sudah belasan kali kita merubah kurikulum pendidikan kita, mulai dari kurikulum awal tahun 1947 yang disebut ‘Rentjana Pelajaran’ hingga kurikulum 2015 untuk menyempurnakan kurikulum 2013, namun praktik pada ujian nasionalnya menggunakan kurikulum 2006 yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Dari kesekian kurikulum ini, peran guru sebagai ‘pendongeng’. Untuk memicu paradigma kritis murid sangat jarang dilakukan. Metode diskusi harusnya menekankan pada nalar kritis siswa. Karena sejatinya generasi saat ini adalah ‘generasi melihat’ atau generasi visual bukan sebagai ‘generasi pendengar’ atau generasi audio seperti zaman dulu lagi. Sehingga kadangkala klaim mitos tersingkirkan dengan adanya kemajuan teknologi dan arus global saat ini. Siswa dengan mudah mencari hal-hal yang tidak diketahuinya. Berbeda saat dulu, sebagai generasi pendengar, proses berpikir kita hanya menyerap bulat-bulat seluruh perkataan guru.

Kemudian yang berikutnya adalah basis membaca yang tidak sistematis. Hal ini terkait masuknya arus global yang membawa internet. Manfaatnya cukup besar, namun juga sebanding dengan masalah yang ditinggalkan. Hal ini bukan terkait konten yang tidak produktif yang disajikan internet, tetapi lebih pada penyesatan basis membaca kita.

Mengapa demikian? Dikarenakan internet yang secara praktis menyajikan informasi keilmuan, namun proses transfer ilmu pengetahuan kita tidak sistematis. Berbeda dengan buku bacaan, yang dari bab per bab menyajikan sesuatu yang sistematis dan berkorelasi pada setiap lembarannya. Namun pada internet kita sudah mengambil substansinya, hingga akar lahirnya substansi tidak kita dapatkan. Seperti sebuah kausalitas, kita hanya dapat mengkonsumsi akibat dari pada sebab, karena internet selau menyajikan hal yang bersifat praktis. Jika pun internet menyajikan hal yang sistematis layaknya buku, berbeda titik jenuh membaca pada internet dan pada buku. Kejenuhan membaca tulisan panjang di internet berdampak pada basis membaca kita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline