Lihat ke Halaman Asli

Muh Satria Effendi

Mahasiswa/Universitas Negeri Yogyakarta

Patung Soekarno Sebagai Salah Satu Projek yang Akan Berjalan di Indonesia: Apakah Benar-Benar Prioritas?

Diperbarui: 12 Oktober 2023   17:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Maman Sulaeman, mengatakan bahwa salah satu projek yang akan mulai direncanakan dan dipersiapkan pada tahun depan adalah Patung Soekarno. 

Patung Soekarno akan dibangun di daerah Perkebunan Walini, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada tahun depan. Pembangunan Patung Soekarno tentunya menimbulkan pendapat baru dari masyarakat Indonesia yang baru saja mendengar kabar ini. 

Pembangunan patung ini tentunya memiliki beberapa tujuan, salah satunya untuk mengenang seorang proklamator yang telah memperjuangkan kemerdekaan pada negara Indonesia. Namun, diluar dari hal tersebut, apakah Patung Soekarno merupakan salah satu projek yang harus diprioritaskan?

Dilansir dari Instagram, sebuah akun dengan nama pengguna @folkative sempat memposting informasi tentang pembangunan Patung Soekarno ini. Didalamnya terdapat sebuah komentar salah satu model, presenter, dan juga aktris Indonesia, yaitu Patricia Gunawan. Patricia Gunawan dengan nama pengguna di instagram @patriciagouw, dalam postingan tersebut ia berkata "Seriously buat apa??????? Mendingan duit nya buat kasih bangun sekolah sama RS dehh." Hal tersebut sontak membuat para pengguna yang lain ikut berkomentar akan hal ini. "Setujuuuu" kata salah satu pengguna @fadilarizki_. "Iya kali ya kak, duit 10 triliun loh bisa buat bikin sekolah, rumah sakit, sama fasilitas masyarakat lainnya." kata pengguna lain @ayu_kartikasari96. Hal ini dapat terjadi sedemikian rupa karena jika dilihat dari segi biaya, pembangunan Patung Soekarno ini sudah pasti memakan biaya yang sangat besar, dan dengan biaya yang besar ini, tentunya prioritas pembangunan dapat dialihkan menuju hal yang lebih penting.

Melihat dari data inflasi yang terjadi di Indonesia, tentunya masalah keuangan yang ada di negeri ini menjadi hal yang masih perlu diperhatikan. Terakhir, pada bulan September, inflasi yang terjadi di Indonesia meraih persentase sebesar 2,28%. Memang turun dari inflasi pada bulan Agustus yang meraih persentase sebesar 3,27%, tetapi keadaan seperti ini tentunya sangat berpengaruh pada kondisi keuangan di Indonesia. Dengan adanya inflasi yang masih ada di Indonesia, apakah pemerintah tetap ingin melanjutkan pembangunan Patung Soekarno yang memakan banyak biaya ini?

Memang banyak keuntungan yang akan didapatkan dari pembangunan Patung Soekarno ini. Patung ini tentu saja dapat menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara serta menjadi salah satu ikon yang dimiliki oleh Indonesia. Patung ini juga dapat memberikan informasi kewarganegaraan bahwa Ir. Soekarno sebagai salah satu pahlawan negara yang berhasil menyelamatkan negara Indonesia dari belenggu penjajahan. Tak hanya itu, secara tidak langsung, Patung Soekarno dapat mengingatkan kita tentang segala perjuangan beliau supaya kita sebagai rakyat Indonesia tidak mudah untuk menyerah dalam menghadapi segala hal. Namun, dengan kondisi Indonesia yang masih penuh dengan kekurangan dari segi pembangunan, apakah kita masih ingin untuk mengangkat hal ini?

Dengan salah satu tujuan yang akan dicapai oleh Indonesia, yaitu tentang pembangunan berkelanjutan, seharusnya pemerintah dapat mempertimbangkan hal ini lebih lanjut. Dalam konsep pembangunan berkelanjutan, pemerintah diharapkan dapat memenuhi hal yang dibutuhkan masyarakat terlebih dahulu, bukan yang diinginkan masyarakat maupun pemerintah. Melihat kondisi sekolah yang kurang memadai di pelosok negeri, rumah sakit yang belum menyeluruh di beberapa tempat, bahkan kondisi pemukiman yang memprihatinkan di masyarakat, tentunya pemerintah dapat mengalihkan keuangan negara kepada hal ini. Pembangunan Patung Soekarno bukanlah hal yang tidak patut untuk dilakukan, tetapi ada hal lain yang lebih patut untuk terpenuhi dari hal tersebut.   




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline