Lihat ke Halaman Asli

satik 1

SATIAH

Leader vs Bos

Diperbarui: 10 Februari 2022   00:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

LEADER versus BOSS

Sati'ah

PPS MM Universitas Bina Bangsa -- Serang

Bos memiliki sikap memerintah atau menyuruh, dia akan berdiri di belakang dan hanya memerintah karyawan untuk melakukan pekerjaan sesuai yang di perintahkan

Pemimpin akan mengajak pada karyawan untuk bekerjasama dalam membangun perusahaan  secara bersama sama. Sesorang tentu ingin duduk dalam posisi yang baik dan berdiskusi dan bekerja dengan semua orang di perusahaan  untuk mencapai visi kami. Namun untuk melakukan itu, pertama-tama orang tersebut perlu mengetahui karakter pemimpin dengan mengetahui perbedaan antara pemimpin dan bos.

Kedua istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan posisi tertinggi dalam suatu organisasi, namun terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua istilah tersebut.

Perbedaan antara pemimpin dan bos 

Mereka berdua bertindak sebagai pemimpin, tetapi pemimpin dan bos memiliki kepribadian yang berlawanan. Menurut penelitian yang lebih tinggi, bos adalah seseorang yang mengendalikan orang lain, seperti gelar, posisi, dan gaya kerja. Pemimpin adalah pemimpin dan mereka yang memberikan pedoman untuk memungkinkan orang yang dipimpinnya melakukan pekerjaan yang lebih baik, tetapi karyawan, tentu saja, lebih nyaman dibimbing oleh pemimpin daripada atasannya.

Pahami perbedaan antara pemimpin dan bos 

Secara linguistik, istilah bos berasal dari kata Belanda "baas". Ini berarti majikan yang pelayannya adalah orang lain. Istilah leader yang berasal dari bahasa inggris klasik "laedan" dengan arti pembuka jalan, pedoman atau penuntun. Kita bisa melihat bahwa kalau seorang yang di juluki bos menganggap timnya sebagai pelayan yang wajib menuruti segala kemauanya. Sementara leader adalah seorang yang dapat menuntun timnya mencapai tujuan

Bos akan fokus pada hasil, leader pada proses 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline