Lihat ke Halaman Asli

Pertambahan Jumlah Penduduk, Tukang Paket Pengaruhi Ekonomi, Kemajuan Teknologi Sebagai Penunjang

Diperbarui: 11 Agustus 2023   08:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar Milik Pribadi, Pertambahan Jumlah Penduduk

Pertambahan Jumlah Penduduk, Tukang Paket Pengaruhi Ekonomi, Kemajuan Teknologi Sebagai Penunjang.

Informasi data yang disandingkan dari Badan Pusat Statistik disingkat BPS kini, jumlah penduduk di Indonesia capai 278,69 juta penduduk pada sekitar awal 2023.

Angka diatas kemungkinan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu, faktor ekonomi menjadi perhatian penting seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk di kita, tentunya sebagai penunjang keberlangsungan.

Teori ekonomi menurut David Ricardo misalnya, ia mengatakan bahwa, ekonomi mikro menurut David Ricardo adalah suatu kondisi para pelaku kegiatan ekonomi yang sudah mempunyai informasi mengenai latar belakang sebuah market. Oleh karena itu, ekonomi mikro menjadi faktor penentu harga dari pasar ekonomi global.

Dalam praktiknya pemilik ekonomi mikro yang sebagian besar adalah merupakan masyarakat dengan pendapatan menengah kebawah sebagai pelaku, disederhanakan kebanyakan ialah usaha rumahan, disini didominasi oleh generasi milenial yang memiliki kompetensi tentunya dalam penguasaan teknologi informasi yang baik.

Memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menyerap informasi terkait produk yang ditawarkan, juga menggunakan teknologi untuk memasarkan produk dirasa efektif untuk mengimbangi angka pertumbuhan penduduk khususnya pada kestabilan ekonomi dibawah, bermodalkan kemauan.

Apalagi sekarang pemerintah memudahkan akses bagi penggerak ekonomi pemula dari segi pendanaan, dimana sekarang generasi milenial yang ingin mengembangkan usahanya akan lebih mudah mendapat pinjaman modal di bank dengan hanya melampirkan usaha yang dijalani, ini semata bentuk dukungan pemerintah dalam meningkatkan prospek pengusaha dikalangan milenial sebagai sarana menjaga kestabilan ekonomi dengan pemanfaatan teknologi dalam membersamai perkembangan pertambahan angka penduduk yang terus bertambah.

Penggunaan teknologi dalam usaha juga merupakan langkah yang tepat karena mudah diakses kapanpun dan dimanapun, serta tidak perlu membuka lapak untuk transaksinya, cukup dengan upload produk, pembayaran dalam transaksipun bisa langsung ditransfer ke rekening pemilik usaha atau manajerialnya, pengiriman barangpun sekarang sudah banyak jasa yang menawarkan penjemputan  dan pengantaran barang sampai ketujuan yang biasa disebut kang paket.

Demikian semoga bermanfaat, salam sejahtera bagi kita semua.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline