Lihat ke Halaman Asli

Gaya Hidup Hedon, Keberlangsungan Serta Pandangan Umum

Diperbarui: 10 Agustus 2023   16:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar Milik Pribadi, Gaya Hidup Hedon, Keberlangsungan Serta Pandangan Umum

Gaya Hidup Hedon, Keberlangsungan Serta Pandangan Umum.

Gaya hidup hedon ialah gaya yang menampilkan sudut pandang glamor seseorang, baik meliputi fashion, fasilitas atau hunian, kendaraan bahkan makanan konsumsi sehari - hari serta gaya hidup dengan bobot pengeluaran yang kerap tinggi dalam praktiknya.

Gaya hidup ini sedikit berbeda dipandang dari segi kebiasaan gaya hidup masyarakat umum, dimana kerap sederhana dan menampilkan suatu penampilan seadanya.

Gaya hidup hedon didominasi oleh "ABG" atau singkatan anak baru gaul, dan beberapa kriteria pelajar dalam kelas sosial atas, umumnya terlihat dengan kontras, cenderung fashionable, penampilan kece badai dengan pakaian serba modis sesuai dengan trend terbaru dan terkesan cool tidak udik.

Gaya hidup hedon cenderung lebih banyak mengkonsumsi kebutuhan sekunder yang berlebih ketimbang memperhatikan kebutuhan primer, tak jarang pemenuhan kebutuhan sekunder juga diutamakan dalam pola hidupnya.

Secara tidak langsung gaya hidup ini memberi damage terhadap beberapa kalangan, karena memaksa setiap pelakunya untuk masuk pada komunitasnya tersendiri, dan syarat akan pembicaraan tertentu yang tidak bisa diterapkan pada masyarakat umum, hingga adanya suatu tras kepercayaan berpikir tentang kasta sosial.

Pada beberapa kasus gaya hidup ini syarat juga akan korupsi, kolusi dan nepotisme sebagai sarana penunjang keberlangsungannya, ini merupakan dampak negatif terparah yang sulit dikontrol sebagian besar pelakunya pada beberapa kasus yang sudah menjadi pandangan umum.

Kecenderungan terhadap fashion glamor dan fasilitas elit, tanpa disadari kerap jadi pengrusak daripada pola hidup ini tersendiri secra tidak langsung, dimana ketergantungan yang muncul timbulkan dampak fatal bagi kondisi finansial pelakunya.

Gaya hidup hedon merupakan standar kelas dalam masyarakat tersendiri, dimana dalam praktiknya cenderung rakus dan timbulkan banyak kontroversi, mulai dari memotivasi masyarakat kelas bawah sampai timbulkan iri pada sebagian lagi.

Kece badai bahasa gaul yang secara tidak langsung merujuk pada gaya hidup hedon dan pengaplikasianya, sebagai konsumsi bahasa generasi z  yang serba dimudahkan oleh akses berkat kemajuan teknologi dan informasi.

Demikian semoga bermanfaat, salam sejahtera bagi kita semua.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline