Lihat ke Halaman Asli

Menghitung Hari, Menjelang Pemilihan Umum 2024 Mendatang

Diperbarui: 31 Juli 2023   14:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar milik pribadi

Menghitung Hari, Menjelang Pemilihan Umum 2024 Mendatang.

Pemilihan Umum atau biasa disingkat PEMILU ialah pesta demokrasi bagi rakyat indonesia, sempat menuai kontroversi antara akan diselenggarakan terbuka atau tertutup nyatanya 2024 sudah didepan mata.

Pernah mendengar dari rakyat, oleh rakyat untuk rakyat, ia itu sendiri merupakan siklus perwakilan yang nantinya akan dipilih secara bersama.

2024 mendatang pemilihan umum akan dilaksanakan mulai dari pemilihan presiden dan wakil presiden, gubernur beserta wakilnya, serta walikota bwserta wakil atau bupati dan wakilnya, selain eksekutif tadi juga 2024 merupakan tahun pemilihan bagi legislatif seperti dewan perwakilan di setiap tingkatan serta  DPD juga pemilihannya akan diberlangsungkan.

Adapun yang perlu diperhatikan dalam hal itu ialah, netralitas ASN, TNI dan POLRI juga penyelenggara Pemilihan Umum sebagai komitmen dan bentuk taat kepada regulasi yang ada.

Juga disamping itu maraknya beredar isu di media sosial, harus bisa dicermati agar tidak mudah terjerumus Hoax, isu sara dan ujaran kebencian oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kemudian masa tahapan pemilihan umum, ada masanya dan diatur regulasi baik oleh undang - undang, PKPU dan juga PERBAWASLU mulai dari tahapan pencalonan, masa kampanye masa tenang sampai masa untuk melakukan pemilihan.

Berbagai pihak termasuk pembaca sekalian dituntut untuk berpartisipasi aktif dalam proses hajat bangsa indonesia itu, sebagai bentuk kepedulian dan wujud rasa memiliki, diantaranya dengan minimal faham terkait proses dan aturan hukum yang berlaku sesuai dengan undang - undang.

Pastikan pilihan sesuai dengan visi dan misi yang tepat sasaran untuk membangun daerah pembaca sekalian, demikian semoga bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline