Lihat ke Halaman Asli

Warung Kelontongan, Bertahan di Era Transformasi Digital

Diperbarui: 22 Juli 2023   12:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar warung kelontongan foto sendiri

Warung kelontongan merupakan usaha jasa yang dilakukan oleh sebagian masyarakat di kita, jasa berupa menjajakan bahan konsumsi pokok ini menjadi khas tersendiri dimana transaksi jual beli kerap dilakukan secara langsung.

Di era transformasi digital dimana sebagian besar masyarakat beralih menjadi konsumen daripada barang yang kerap dijual di media sosial dan platform jual beli lainya, warung kelontongan justru masih eksis.

Meskipun praktik jual belinya tidak luas, serta pembeli yang datangpun hanya sekitaran suatu daerah dan pengguna jalan yang kebanyakan menjadi konsumen, tetapi hal ini bertahan cukup baik sebagai suatu yang membudaya.

Kelebihan berbelanja di warung kelontongan yakni, bila mana suatu barang dibutuhkan tinggal datang dan tidak harus menunggu lama, apalagi yang sifatnya barang pokok seperti beras, lauk pauk, sayuran atau bahan konsumsi lain.

Kemudian transaksi bisa dilakukan langsung tunai ditempat antara penjual dan pembeli, mengurangi rasa cemas akan kualitas barang karena bisa memilih terlebih dahulu.

Barang yang dibeli cenderung lebih terkontrol kualitasnya, dan tidak ribet dalam memilih pilihan karena tersedia, warung kelontongan juga biasa berbelanja dari grosir untuk memenuhi kebutuhan dagangannya, sehingga dipastikan barang masih fres dan jauh dari tanggal kadaluarsa.

Adapun kekurangannya yaitu, harus datang ketempat warung untuk belanja di warung kelontongan, berbeda dengan platform online yang tinggal klik saja sebagai bahan perbandingan.

Biasanya pada sebagian kasus juga pembeli harus antri dalam berbelanja dengan pembeli lain yang sudah terlebih dahulu berbelanja.

Itu jadi sebagai pertimbangan untuk belanja tapi yang jelas adalah warung kelontongan sudah bertahan kurang lebih selama satu abad dalam eksistensinya memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat khususnya di indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline