Lihat ke Halaman Asli

Manfaat Kelapa Banyak, Simak Ulasan Ini

Diperbarui: 21 Juli 2023   19:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar Milik Pribadi

Manfaat kelapa banyakloh pembaca sekalian, pembaca sekalian pasti pernah mengkonsumsi santan, gula merah atau bahkan ketupat serta mungkin bersantai dicuaca panas sambil meminum kelapa muda, nah itu semua adalah manfaat daripada kelapa.

Kelapa atau coconut adalah buah yang tumbuh dari pohon kelapa, pohon kelapa sendiri banyak tumbuh di lingkungan tropis, indonesia sendiri merupakan tanah yang cocok untuk kelapa tumbuh disetiap daerahnya.

Dari mulai akar, pohon, batang, batang daun, juga daun dan buah kelapa bisa dimanfaatkan menjadi berbagai kebutuhan bagi manusia umumnya.

Akar kelapa biasa digunakan sebagai suluh atau bahan bakar untuk membuat api dalam proses pembuatan makanan yang dimasak secara tradisional, itu juga berlaku untuk batok kelapa yah dan kulit luarnya juga cenderung menghasilkan api yang stabil untuk memasak ketika kering.

Pohonnya bisa digunakan sebagai bahan bangunan penahan genteng rumah atau istilahnya usuk, teksturnya yang berserabut membuatnya awet dijadikan bahan bangunan.

Kemudian kita lanjut ke daun, daun kelapa yang masih muda sering digunakan untuk membungkus beras untuk dibuat ketupat, ia ketupat makanan yang sering dibuat apabila mendekati momen lebaran.

Sementara daun yang tua cenderung lebih sering diambil lidinya sebagai bahan pembuatan sapu lidi atau campurab bahan pembuatan triplek oleh pengerajin.

Nah kalo buahnya jangan diatanya lagi, selain bisa dibuat olahan santan untuk konsumsi, bisa juga dibuat cimplung atau dimasukan kedalam gula merah yang dalam proses masih pengolahan, hingga kelapa itu terasa manis ketika disantap, sementara airnya di proses menjadi nata de coco itu loh pelengkap minuman yang bertekstur kenyal, ia terbuat dari air kelapa yang dipermentasi.

Kalau kelapa mudanya sudah pasti semua pasti tahu, bisa diminum airnya yang segar dan dinikmati secara disantap buahnya dengan langsung.

Ampas kelapa juga bisa diproses menjadi minyak goreng untuk bahan menggoreng loh, ia dengan cara diproses terlebih dahulu tentunya, meskipun tidak bisa bertahan lama disimpan, tapi bisa dicoba.

Demikian semoga bermanfaat, salam sejahtera bagi kita semua.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline