Lihat ke Halaman Asli

Dampak Buruk Bila Terlalu Sering, Konsumsi Mie Instan

Diperbarui: 19 Juli 2023   13:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar milik pribadi

Mengkonsumsi mie instan sudah merupakan umum dan menjadi kebutuhan primer bagi beberapa orang, anak kost, bahkan semua kalangan.

Tapi tahu nggak pembaca sekalian apabila terlalu sering mengkonsumsi mie instan ada dampak buruk yang menanti kesehatan loh mari kita ulas berikut.

Berbagai Resiko Serta Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Mie Instan.

Mie instan diprediksi sebagai makanan tidak sehat dikarenakan kandungan karbohidrat, lemak, dan garam yang tinggi. Disisi lain justru, kandungan protein, serat, vitamin, dan mineral  yang ada didalamnya cukup rendah.

Apalagi, mie instan dapat menimbulkan risiko terjadinya sindrom metabolik, yakni kondisi yang dapat meningkatkan risiko terserang penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Ada beberapa risiko dan bahaya juga selain itu, bahaya mengkonsumsi mie instan dapat Anda alami bila mengonsumsi mie instan secara berlebihan, antara lain:

1. Gangguan pada sistem pencernaan

Mie instan sebenarnya merupakan jenis makanan yang tidak mudah dicerna, sehingga membuat kerja sistem saluran cerna menjadi lebih berat. Bila dikonsumsi terlalu sering atau terlalu banyak akan sulit untuk dicerna.

2. Tekanan darah tinggi

Bumbu yang digunakan di dalam mie biasanya memiliki kandungan garam atau natrium yang tinggi, dalam satu kemasan mie instan terkandung sekitar 890 mg natrium.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline