Lihat ke Halaman Asli

Buku Tamu, Selain Arsip Juga Sarana Menambah Jejaring Bagi Pegawai

Diperbarui: 14 Juli 2023   11:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Milik Pribadi 

Buku tamu kerap ada dikantor - kantor, mulai dari instansi - instansi sampai dengan perusahaan - perusahaan, buku tamu di berikan dan di isi oleh tamu yang berkunjung.

Kunjungan dari tamu tersebut tentunya memiliki maksud dan tujuannya tersendiri, mulai dari silaturahmi sampai dengan persoalan kerja sama pada bidang tertentu, pengunjung atau tamu terlebih dahulu mengisi buku tamu sebagai arsip.

Dalam buku tamu tertera nama dan alamat pengunjung, nomor kontak yang dapat dihubungi serta nama pengunjung yang kerap kali ditandatangani sebagai bentuk penegasan kunjungannya.

Berawal dari buku tamu seorang pekerja dikantor bisa menambah jejaring, dengan melihat catatan kunjungan pihak tertentu, nomor kontak yang disediakan dapat digunakan kembali atau dihubungi manakala memerlukan bantuan dari orang yang pernah berkunjung tersebut.

Sadar atau tidak sadar kerja sama antar instansi itu dimulai dari silaturahmi dan catatan yang tertera dibuku tamu, contoh kasus mekanik yang berkunjung ke suatu instansi ketika akan melakukan instalasi komputer kemudian ia mengisi buku tamu.

Di lain kesempatan manakala dibutuhkan kembali jasa orang tersebut di tempat lain nomor kontaknya dapat diakses menggunakan buku tamu, yang tertera kontaknya, ini memungkingkan menjadi awal terciptanya kerjasama jangka panjang.

Tulisan ini didedikasikan untuk para pekerja dalam suatu instansi agar supaya bisa memahami dan mempermudah bagi pekerjaanya suatu saat nanti.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline