Lihat ke Halaman Asli

Gantar, Bahan Serta Kegunaan dan Fungsi

Diperbarui: 12 Juli 2023   17:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar Gantar Koleksi Pribadi

Gantar, Bahan Serta Kegunaan dan Fungsi.

Gantar merupakan salah satu alat yang kerap kali ada dan digunakan dalam kehidupan atau keperluan sehari - hari, kegunaanya kadang sangat penting hingga keberadaannya sangat diminati.

Gantar terbuat dari bahan yang beraneka ragam diantaranya terbuat dari bambu dan juga kayu yang dipotong panjangnya sesuai dengan keinginan, dan disesuaikan dengan genggaman tangan untuk menggunakanya.

Fungsi serta kegunaanya juga bervariatif mulai dari menyangga batang pohon yang tidak stabil sampai dengan alat untuk menjatuhkan buah - buahan serta alat ubtuk mengambil barang yang berada lebih tinggi dari posisi badan atau dari jangkauan tangan.

Di indonesia penggunaanya sudah sangat familiar di berbagai wilayah mulai dari perkotaan sampai perkampungan, gantar kerap digunakan dalam menunjang kebutuhan sebagai mana diatas tadi dibahas.

Biasanya bambu atau kayu yang dibuat menjadi gantar notabene diambil dafi kayu atau bambu yang tidak terlalu basah tidak juga terlalu kering, agar tidak beray saat digunakan dan tidak terlalu rapuh.

Gantar sendiri biasanya divariasikan sesuai dengan kebutuhan, mulai dari dipasangkan alat tajam diatasnya, sampai dibentuk runcing serta banyak lainya.

Pernahkah pembaca menggunakan gantar....

Jika pernah atau ada yang mau disarankan komentar dibawah ini ya....




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline