Lihat ke Halaman Asli

Photo Kopi, Sarana Renungan Pembuka Cakrawala Dunia

Diperbarui: 12 Juli 2023   11:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo Kopi Sendiri

Photo Kopi, Sarana Renungan Pembuka Cakrawala Dunia.

Kopi merupakan warisan kekayaan alam nusantara, zaman dulu bangsa luar menapaki kaki di nusantara dengan tujuan mendapatkan rempah - rempah yang melimpah yang tentu aset bangsa ini, salah satunya kopi.

Ya suburnya tanah nusantara menjadikan banyak tumbuhan subur dan beekembang, pohon dan buah kopi juga termasuk salah satu yang berkembang dan banyak dicari.

Jenis dan asalnyapun bervariasi, yang jelas semuanya tumbuh subur di tanah nusantara, kini kopi kerap dinikmafk sebagai hidangan bagi sebagian orang, dalam penggunaan konsumsi sehari hari.

Memiliki aroma dan rasa yang khas kopi banyak diminati, selain itu secangkir kopi panas dapat menaikan semangat setiap penikmatnya.

Kopi juga merupakan sarana yang pas untuk memulai setiap pembicaraan, dari mulai pembicaraan santai bahkan serius sekalipun.

Kini kopi banyak dihidangkan di warung - warung, cafe - cafe bahkan tongkrongan - tongkrongan, selain itu kopi juga biasa membuat penikmatnya berpikir secara jernih dengan suasana yang pas.

Kerap kali kopi juga membawa penikmatnya memasuki alam bawah sadar dan tak jarang memulai renungan yang merupakan awal dari terjadinya filsafat atau berpikir secara ekstrak.

Hasilnya kerap kali inovasi - inovasi lahir daripada secangkir kopi yang dihidangkan, bagaimana sudah ngopikah kita hari ini....




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline