Lihat ke Halaman Asli

Sasty Legina

enjoy life

Jangan Rusak Infrastruktur Gara-gara Tren

Diperbarui: 27 November 2019   04:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Kini, dunia teknologi semakin canggih. Semakin canggih teknologi tersebut, maka semakin banyak pula penggemarnya. Contohnya scooter/skuter. Siapa sih yang tidak mengenal skuter? Pasti semua orang tau. Dari mulai anak kecil sampai orang dewasa.

Skuter yang sudah lama ditinggalkan kini kembali trend khususnya dikalangan para remaja. Banyak para remaja yang menggunakan skuter listrik ini. Namun ada beberapa remaja yang menggunakan skuter listrik ini tidak pada tempatnya. Seperti yang terjadi di Jakarta. Mereka menggunakan skuter di JPO Sudirman sehingga  lapisan lantai JPO menjadi rusak.

Dinas Bina Marga DKI Jakarta  mengunggah beberapa foto hasil dari rekaman CCTV di akun instagramnya yang memperlihatkan sekelompok remaja mengendarai skuter listrik di JPO. Dinas Bina Marga DKI Jakarta juga mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan kerusakan lapisan lantai PJO yang tampak terkelupas dan ada bekas ban dari skuter listrik ini.

Melihat hal ini, Dinas Bina Marga DKI Jakarta mengeluarkan peringatan yang berbunyi Halo warga jakarta,,, Untuk pengguna skateboard,Scooterlistrik. Mohon untuk tidak menggunakan alat-alat tersebut pada JPO Sudirman (JPO Bunderan senayan,GBK dan Polda metro). Selain itu mengganggu pengguna JPO yang lain, juga dapat merusak sarana JPO tersebut. Mari bijak dalam menggunakan fasilitas umum, kita gunakan dan jaga bersama. (dikutip dari detiknews, Selasa 12 November 2019).

Dishub DKI Jakarta mengaku sudah bertemu dengan Grab selaku operato skuter lisirik yang disewakan di sekitar jalan Sudirman. "Kemarin siang kami sudah membahas hal ini dengan Grab, mereka akan pasang alat di JPO yang berfungsi menonaktifkan e-scooter saat di JPO," kata Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo. (dikutip dari detiknews, Selasa 12 November 2019)

Dengan peringatan yang telah dikeluarkan oleh Dinas Bina Marga DKI Jakarta  menjadi sebuah pukulan keras bagi kita dan bagi pengguna skuter listrik. Jangan menggunakan skuter di JPO yang difungsikan sebagai jembatan penyebrangan. Akibatnya lapisan lantai JPO menjadi rusak dan dapat membahayakan para pengguna JPO. 

Menggunakan skuter listrik dengan tergesa gesa akan membuat tidak nyaman para pengguna JPO, apalagi yang membawa barang bawaan yang banyak. Pemerintah pun harusnya menyediakan tempat untuk pengguna skuter listrik ini, agar mereka dengan nyaman dan leluasa menggunakannya.

Sebagai remaja kita harus menjaga dan menggunakan infrastruktur yang pemerintah berikan dengan sebaik mungkin. Mengikuti trend boleh boleh saja asalkan tidak merusak infrastruktur.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline