Lihat ke Halaman Asli

Sazkia

Mahasiswa

Penarikan Kesimpulan Secara Logis? Penalaran? Bagaimana sih Bentuknya?

Diperbarui: 7 Juni 2023   22:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penalaran adalah proses atau kegiatan berpikir menggunakan cara logis untuk mencapai kesimpulan berdasarkan beberapa pernyataan yang telah diketahui sebelumnya atau untuk memunculkan pernyataan baru yang benar.

Secara garis besar penalaran terbagi menjadi dua, yaitu penalaran deduktif dan penalaran induktif.

1. Penalaran Deduktif

Penalaran deduktif merupakan penarikan kesimpulan dari masalah umum ke masalah khusus berdasarkan fakta yang ada. Penalaran deduktif adalah penalaran yang bertolak dari kesimpulan yang dibuat dari satu atau lebih pernyataan yang umum. Penalaran deduktif memiliki premis-premis, yaitu pernyataan-pernyataan tempat ditariknya kesimpulan. Jenis penalaran deduktif, yaitu:

a. silogisme

Silogisme adalah salah satu bentuk penalaran dalam menarik kesimpulan yang terdiri dari premis umum, premis khusus, dan kesimpulan. Dengan tambahan fakta bahwa silogisme adalah rangkaian tiga kalimat yang terdiri dari dua kalimat dan kesimpulan yang terdiri dari beberapa kalimat.

b. Entimen

Entimen adalah argumen deduktif langsung dan dapat juga dikatakan silogisme premis dihilangkan atau tidak diberikan karena keduanya diketahui.

2. Penalaran induktif adalah proses berpikir yang melibatkan pembuatan kesimpulan tentang masalah umum  yang berpijak pada masalah khusus.

Macam-macam penalaran induktif, yaitu penalaran analogi, analogi berbicara tentang hal yang berbeda dan kemudian membandingkannya. Penalaran analogi adalah penalaran induktif dengan membandingkan dua hal yang memiliki banyak kesamaan. Penalaran induktif juga merupakan proses berpikir di mana kesimpulan umum atau pernyataan baru dibuat tentang kasus-kasus yang khusus.

Macam-macampenalaran induktif:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline