Lihat ke Halaman Asli

Sazkia

Mahasiswa

Yuk, Pahami Penggunaan Diksi Serta Pilihan Kata dengan Benar!

Diperbarui: 5 Mei 2023   20:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Diksi mengacu pada pemahaman teknis tentang karangan, tulisan, dan sapaan. Diksi adalah tindakan pemilihan kata secara tepat dan tepat untuk menyampaikan maksud dan tujuan kepada pendengar atau pembaca, baik secara lisan maupun tulisan.

Ketepatan dan kesesuaian sangat penting dalam mengungkapkan maksud dan tujuan. Diksi itu benar-benar mengatur gaya bahasa. Gaya bicara ditentukan oleh ketepatan dan ketepatan pilihan kata. Kata, kalimat, paragraf, atau percakapan efektif jika diungkapkan dalam bahasa yang tepat.

Ketepatan diksi dapat dipengaruhi oleh kemampuan penggunaan bahasa, yang mengacu pada kemampuan menguasai, memahami, mengetahui dan menggunakan banyak kosakata. 

Tujuan penggunaan kata tersebut adalah untuk menghadirkan keindahan untuk meningkatkan ekspresif. Diksi ini digunakan untuk menyempurnakan kalimat. 

Fungsi diksi meliputi melambangkan gagasan yang diungkapkan secara lisan, membentuk ungkapan yang benar sedemikian rupa sehingga menyenangkan pendengar atau pembaca, menghindari dan mencegah perbedaan dan kesalahpahaman dalam persepsi atau interpretasi, memungkinkan komunikasi yang efektif dan efisien untuk menciptakan dan memperlancar kata dan kalimat sehingga agar mereka terlihat lebih indah.

Sifat diksi antara lain:
1. Pilihan kata yang tepat untuk mengungkapkan ide atau gagasan.
2. Dapat digunakan secara akurat untuk membedakan nuansa makna dan bentuk yang sesuai dengan gagasan dan situasi serta nilai rasa pembaca.
3. Menggunakan kosakata yang dimiliki masyarakat bahasanya. 

Syarat-syarat diksi yaitu:
1. Nuansa yang sesuai.
2. Kemampuan varian kata untuk membentuk kalimat yang jelas, efektif dan mudah dipahami.
3. Ketepatan dalam pemilihan kata.


Ada beberapa hal yang perlu diingat ketika menggunakan kata-kata yang tepat:
Dalam situasi resmi kami menggunakan kata-kata baku. Dalam situasi biasa kami menggunakan kata-kata biasa. Dalam situasi khusus kami menggunakan kata-kata khusus. Kata-kata ilmiah tidak harus dalam bahasa asing. Bahasa lisan berbeda dengan bahan tulisan. Serta, hindari kata-kata yang kurang efektif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline