Lihat ke Halaman Asli

Saskiadp

Mahasiswa

Pengalaman Mahasiswa Kimia Unesa dalam Kegiatan PKL di UPT Pengujian Energi dan Sumber Daya Mineral

Diperbarui: 14 Juni 2023   14:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kunjungan oleh Dosen Pembimbing (sumber: pribadi)

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan program pelatihan kerja sebagai kegiatan mandiri mahasiswa yang dilaksanakan di luar lingkungan Universitas untuk mendapatkan pengalaman kerja yang sesuai bidang peminatan melalui metode observasi dan partisipasi. 

Praktik Kerja Lapangan (PKL) bermanfaat untuk menumbuhkan dan meningkatkan sikap profesionalitas, kreativitas, produktivitas, dan kemampuan problem-solving mahasiswa sebagai persiapan dalam menghadapi persaingan untuk memasuki dunia kerja.

UPT Pengujian Fnergi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Timur merupakan Unit Pelaksana Teknis dari Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur yang memberikan pelayanan pengujian kualitas air tanah dan mineral untuk masyarakat. Lokasi UPT Pengujian Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Timur berada di Jl. Perak Timur No.320, Kecamatan Pabean Cantikan, Surabaya, Jawa Timur. 

Sebanyak 2 mahasiswa berkesempatan untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di UPT Pengujian Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Timur yang terdiri dari Firamita Dwiyanti dan Saskia Dyah Puspitasari. Kegiatan PKL ini dilaksanakan selama 4 bulan dengan bobot 20 sks dari kurun waktu 1 Februari 2023 hingga 31 Mei 2023 dengan bimbingan dosen pembimbing Dina Kartika Maharani, S.Si., M.Sc.

Mahasiswa banyak belajar mengenai berbagai parameter pengujian yang dilakukan di laboratorium UPT Pengujian Fnergi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Timur, seperti analisis air tanah dan analisis mineral. Analisis air bersih di UPT Pengujian Fnergi dan Sumber Daya Mineral meliputi 19 parameter diantaranya; bau, Total Padatan Terlarut (TDS), kekeruhan, rasa, bau, warna, Daya Hantar Listrik (DHL), Besi, Fluorida, Kesadahan total, Klorida, Kromium valensi 6, Mangan, Nitrat sebagai N, Nitrit sebagai N, pH, Tembaga, Sulfat, dan nilai permanganat. Selain itu, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengoperasikan instrument dengan pengawasan pembimbing lapangan sehingga menambah pengetahuan dan pengalaman mengenai instrument laboratorium. Instrumen yang dimiliki UPT Pengujian Energi dan Sumber Daya Mineral yaitu spektrofotometri UV-Vis dan spektrofotometri AAS.

Mahasiswa juga diberikan kesempatan di bagian penerimaan sampel dan merekap laporan hasil uji sehingga mendapatkan pengalaman untuk mengolah dan menganalisis data yang diperoleh. Dalam kegiatan PKL ini, mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman dan wawasan yang yang sebelumnya belum didapatkan di kampus. Melalui kegiatan PKL ini, mahasiswa dapat memperluas jaringan relasi, manajemen waktu pekerjaan yang baik, dan membangun semangat kerja di masa mendatang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline