Lihat ke Halaman Asli

Saskia Della

Al'adabu fauqol ilmi

Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Nurul Islam Semarang

Diperbarui: 29 Desember 2022   17:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Andri Bangun Prabowo, SP.d seorang guru Bahasa Indonesia yang kelahiaran dari kota Semarang, 27 September 1996. Beliau mengajar di SMP Nurul Islam kelas VII. Di SMP Nurul Islam dimana kelas VII sudah menggunakan kurikulm merdeka sedangkan untuk kelas VIII, IX masih menggunakan kurikulum 13. 

Pada pegalaman mengajar bahasa Indonesia bagi beliau sangat kesulitan dalam mengajar siswa karena ada siswa yang mudah untuk menangkap materi ada juga yang kesulitan dalm menerima materi. Terkadang siswa kelas VII kesulitan mencari tema yang ditentukan pada guru dan tidak percaya diri untuk mempresentasikan hasil karyanya didepan teman sekelas. 

Dan beliau menggunakan teknik mengajar diluar ruangan, supaya siswa mampu mengekspresikan benda atau lingkungan sekitanya untuk dijadikan  sebuah karangan yang akan siswa itu sampaikan pada karyanya nanti. Beliau juga menggunakan pembelajaran luar ruangan agar siswa tidak jenuh pada pembelajaran berlanjut. Bapak Andri sendiri untuk penggunaan metode pembelajarannya dalam mengajar peserta didik SMP kelas 7 dengan cara guru:

  • Menyampaikan tujuan pembelajarannya.
  • Kemudian guru menayangkan video fabel/hewan, peserta didik diajak menonton fable.
  • Setelah menonton tayangan video mengenai fable, guru membuat kelompok 3-4 anak kemudian memberikan lembar kerja kepada siswa.
  • Lembar kerja tersebut isinya: dari  video  yang  ditampilkan,  apa yang dimaksud fabel?, didalam tayangan fabel tersebut ada apa saja?, kemudian isi ceritanya seperti apa?
  • Peserta   diajak   untuk   berpikir  kritis dengan kelompoknya dalam menentukan apa yang ada dalam teks/tayangan fabel tersebut
  • Setelah semua dianalisis, diidentifikasi, hasil dari lembar kerja tersebut dipresentasikan didepan kelas 7



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline