Lihat ke Halaman Asli

Sasi Oka

Penulis pemula

Cara untuk Menumbuhkan Value Instagram Bisnis

Diperbarui: 13 November 2022   22:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Di saat jejaring sosial telah menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang, popularitas platform seperti Instagram terus meningkat. Berdasarkan statistik yang disediakan oleh Statista, pada Juni 2018 Instagram telah mencapai dan sejak itu melampaui 1 miliar pengguna aktif bulanan.

Namun saat  berkembang penggunaan media sosial semakin sulit untuk mendapatkan value. Menentukan tujuan keseluruhan akun Instagram Anda, membuat strategi konten, dan mendesainnya untuk keterlibatan maksimum adalah trik yang sangat tepat di masa-masa awal Instagram. Sekarang ini  Anda hanya membutuhkan usaha lebih keras untuk mengembangkan saluran Anda.

Berikut adalah daftar tip dan trik yang akan memastikan perolehan pengikut nyata yang cepat dan lancar, memberikan pengembalian investasi tertinggi dan akan sepadan dengan waktu Anda.

1. Gunakan tagar secara maksimal

Menggunakan tagar adalah salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan pengikut tanpa mengikuti orang lain. Hashtag memungkinkan orang baru menemukan konten Anda. Anda dapat memiliki hingga 30 tagar untuk setiap kiriman untuk meningkatkan keterpaparannya. Namun, menandai tagar acak tidak akan berhasil.

Cara termudah untuk menghasilkan tagar yang relevan dan akan mendatangkan lebih banyak pengikut adalah dengan menjelajahi tagar paling umum yang sesuai dengan akun Instagram Anda. Jika Anda mencari #olahraga, #kebugaran, lihat tagar lain yang diberi tag di pos. Lihat apa yang sedang tren karena kemungkinan ditemukan jauh lebih tinggi saat menggunakan tagar yang kurang umum.

2. Bergabunglah dengan komunitas mikro
Sejak Instagram memperkenalkan opsi untuk mengikuti tagar, mengikuti komunitas mikro menjadi sangat mudah. Anda telah menemukan tagar yang akan Anda kerjakan dan, untuk tetap mengikuti perkembangan, ikuti mereka. Lihat tagar sebagai grup sosial yang ingin Anda ikuti dan diperhatikan. Sukai postingan lainnya, beri komentar dan mulai percakapan serta menarik perhatian.

Setelah Anda memiliki pengikut yang solid dan berdedikasi, Anda dapat mengambil langkah ini lebih jauh dan membuat komunitas mikro Anda sendiri seperti yang dilakukan @sorelleamore dengan tagarnya sendiri -- #AdvancedSelfie. Tag tersebut telah mengumpulkan lebih dari 40 ribu postingan.

3. Berinteraksi dengan pemberi pengaruh teratas
Kata ''jaringan'' adalah inti dari jejaring sosial - itulah yang harus Anda lakukan! Anda telah menemukan tagar khusus Anda, komunitas khusus Anda. Dan jika Anda gigih, Anda mungkin memperhatikan pemain kunci dalam grup. Sukai, komentari, ajukan pertanyaan, berinteraksi dan lihat apakah Anda dapat menjalin hubungan yang saling bersahabat dengan mereka.

4. Dapatkan yang terbaik dari tag Lokasi
Meskipun, dari tampilan pertama, sepertinya tag Lokasi di Instagram adalah untuk bisnis dan remaja mencolok yang ingin membual tentang tempat makan malam mereka, setiap Instagrammer dapat menemukan keuntungannya di sana.

Anda dapat melihatnya sebagai 'slot tagar tambahan' dan menggunakan lokasi yang dipilih secara strategis atau memberi tag pada tempat foto. Bayangkan orang acak melihat Papa John's terdekat dan melihat senyum konyol Anda dan pizza nanas kontroversial di atas meja. Itu membutuhkan komentar, atau apa?

5. Ikuti orang-orang yang menyukai halaman bersaing
Terkadang tidak mungkin diperhatikan tanpa mengetuk bahu. Jika akun Instagram Anda adalah tentang cupcakes blueberry, ada kemungkinan Anda dapat menemukan beberapa penggemar potensial di daftar pengikut akun cupcake cokelat. Bayangkan semua orang yang ingin melihat konten Anda di umpan mereka, tetapi akan melewatkannya hanya karena mereka belum menemukan akun Anda. Ketuk bahu mereka -- ikuti mereka!

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline