Lihat ke Halaman Asli

Sofian Munawar

PENDIRI Ruang Baca Komunitas

MAU MUDIK ASYIK ? AYO KENALI CIPALI …

Diperbarui: 9 Juli 2015   22:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Titik awal masuk ke tol Cipali/sasgart"][/caption]

 

Sebagus apapun kualitas jalan tol dengan dukungan fasilitas selengkap apapun tetap akan menyimpan bahaya manakala manusianya tidak disiplin dan bijaksana dalam berkendara. Hanya pengendara santun dan bijak yang bisa mudik-asyik melintasi tol Cipali dengan hati berseri.

 

 ...

 

Tidak seperti hari libur biasanya, Sabtu pagi kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tampak ramai dan meriah. Ternyata hari itu, Sabtu, 4 Juli 2015 kantor di bilangan Jalan Pattimura, Jakarta Selatan ini diserbu para aktivis Kompasina (Kompasianer). PUPR bersama Kompasiana menggelar agenda bertajuk “Eksplorasi Tol Cipali”. Kompasianer diajak untuk mengeksplorasi dan merasakan langsung jalan tol teranyar Cikopo-Palimanan (Cipali) yang belum lama diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 

[caption caption="Kompasianer berkemas di halaman lobby KemenPUPR untuk "Eksplorasi Tol Cipali" /sasgart"]

[/caption]

 

Kepala Bidang Dokumentasi dan Publikasi Kementerian PUPR yang juga Pemimpin Redaksi Majalah KIPRAH, Lisniari Munthe memberi pengarahan awal kepada para peserta mengenai pentingnya sosialisasi keberadaan tol Cipali kepada masyarakat, terutama calon pemudik menjelang datangnya lebaran tahun ini. Data Kementerian PUPR menyebutkan bahwa prediksi penumpang angkutan umum jalan raya selama arus mudik dalam lima tahun terakhir memang mengalami sedikit penurunan, yakni dari 5,9 juta pada 2012, turun menjadi 5,5 juta pada 2013, menurun lagi menjadi 5,2 juta pada 2014 dan diperkirakan akan turun lagi menjadi 4,9 juta pada 2015. Namun demikian, harus disadari bahwa dari tahun ke tahun, persoalan arus mudik ini selalu menjadi masalah klasik. Karena itu, keberadaan tol Cipali ini diharapkan dapat memecah kebuntuan persoalan ini, terutama di jalur lintas utara Jawa yang sering menjadi jalur favorit bagi pemudik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline