Lihat ke Halaman Asli

Nur Annisa Hamid

blogger dan content creator

Ajang Upgrade Kualitas Diri Melalui Workshop Menulis Click Kompasiana

Diperbarui: 12 Agustus 2019   15:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi.

Menjadi seorang penulis atau blogger di era informasi saat ini, menjadi profesi yang banyak dilakukan karena bisa bekerja dari rumah dengan fleksibel. Namun dengan semakin banyaknya blogger atau penulis yang bermunculan dibutuhkan kemampuan yang lebih sehingga bisa bertahan dan bisa menginspirasi orang lain. 

Untuk memiliki kemampuan yang lebih tentu dibutuhkan berbagai usaha mulai banyak membaca buku atau referensi lainnya, latihan menulis dengan kontinu dan mengikuti workshop untuk menambah wawasan sehingga bisa langsung dipraktekkan. 

Minggu lalu saya mengikuti workshop menulis yang diadakan Click Kompasiana tanggal 2-3 Agustus 2019 di Wisma Graha Wisata TMII. Ini pertama kalinya mengikuti workshop menulis yang diadakan Click dan menginap dengan peserta lainnya dari luar kota. 

Kesempatan ini saya manfaatkan untuk mengosongkan gelas demi mendapatkan ilmu baru dari pembicara yang sudah berpengalaman di bidangnya. Sesi pertama dimulai oleh ibu Fanny Jonathan Poyk seorang penulis cerpen dan juga aktif di PPI. 

Beliau menceritakan menulis cerpen bisa dilakukan siapapun asalkan mau terus mencoba dan memiliki empati terhadap lingkungan sosial. Tema cerita bisa berasal dari lingkungan sekitar kita misalnya tentang persahabatan, perselingkuhan, orang tua dengan anak, kondisi sopir angkutan umum bahkan penjual gado-gado sekalipun. 

Memang butuh proses untuk menghasilkan cerpen yang baik dan layak muat di surat kabar namun jika kita terus mengasah kemampuan dengan membaca cerpen yang dimuat di koran dan sering berinteraksi dengan masyarakat maka cerpen kita bisa mendapat apresiasi baik dari masyarakat. 

Bahkan ibu Fanny sering dilibatkan pemerintah untuk pelatihan menulis cerpen di daerah karena cerpennya sering dimuat di media massa nasional. Maka saatnya kita mencoba dan menambah referensi yang berbeda. 

Sesi kedua dilanjutkan oleh mas Iskandar Zulkarnaen atau Isjet co-founder Kompasiana membahas tentang konten marketing. Bagi mas Isjet workshop ini sekaligus ajang silaturahmi sekaligus nostalgia dengan peserta nangkring Kompasiana. 

Dokumentasi pribadi.

Kehadiran blogger atau content creator saat ini memang menjadi salah satu tren yang dibutuhkan brand untuk memperkenalkan produk atau jasanya ke masyarakat. Supaya mendapat interaksi yang baik dari pembaca, blogger harus terlatih menulis dengan metode story telling bukan hardsell. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline