Lihat ke Halaman Asli

Series University War: Motivasi Kalangan Mahasiswa

Diperbarui: 19 Maret 2024   20:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Terkadang banyak sekali dari kalangan mahasiswa yang lelah akan tugas-tugas mereka bahkan malas untuk mengerjakannya. Ditambah lagi belum begitu paham atas apa yang mereka kerjakan alhasil pekerjaan mereka tidak sempurna. Malas yang diartikan disini adalah seseorang yang tidak dapat meyelesaikan pekerjaannya dan bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut. Jika seseorang tersebut malas maka pekerjaannya pun terbengkalai dan kemungkinan akan terjadi hal buruk. Dalam mahasiswa kemungkinan, akan mendapatkan nilai rendah atau mengulang mata kuliah kembali disemester kemarin. Keadaan malas tersebut memicu mahasiswa tidak paham akan materi, malas bertanya dan kesulitan untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan oleh dosen. Apalagi kita tahu bahwa pada jaman ini mahasiswa sangat dituntut untuk mandiri dan peka dalam mengerjakan pekerjaan yang diberikan oleh dosen terhadap dirinya. Pekerjaan yang diberikanpun untuk keberlangsungan masa depan mahasiswa tersebut. Adapula faktor yang memicu mahasiswa tersebut menjadi malas kebanyakan dari mereka tidak berbakat dalam bidang jurusan yang tidak sesuai dengan minat mereka.

Saya akui bahwa mencari jurusan yang cocok dengan diri ini sangatlah sulit apalagi berbanding terbalik dengan bakat yang kita minati. Misal saya ambil contoh ada seseorang mahasiswa jurusan teknik merasa salah jurusan sehingga seluruh pelajaran dari tiap semester tidak ia pahami. Ia memilih jurusan teknik karena ikut temannya bukan dengan keinginannya dan jurusan tersebut juga merupakan saran dari guru disekolahnya dahulu. Yang mana notabenenya ia adalah anak SMA bukanlah anak SMK teknik yang memiliki banyak basic ilmu tentang jurusan teknik. Dia menemukan bakatnya pada saat semester 3 (tiga), ia berfikir untuk pindah jurusan dan memulai kembali pada jurusan yang ia inginkan sesuai bakatnya sendiri. Namun, niat tersebut batal karena dia menemukan celah untuk bisa belajar teknik dan mendalaminya. Alhasil dia tetap berada di jurusan teknik tersebut. hal tersebut memberikan motivasi yang kuat, kalau dengan belajar dan mencari tahu maka akan menemukannya Apalagi dengan jaman sekarang yang mana banyak motivasi tersebar dimana-mana untuk mahasiswa salah satunya dalam bentuk series.

Series Korea semakin hari semakin terdepan menampilkan film-film yang keren dan kece. Semenjak boomingnya Korean Pop yang mana digandrungi oleh anak-anak muda dan remaja jaman sekarang. Kini mulai dari drama korea, perfilman dan variety show pun di tonton oleh kalangan muda hingga dewasa. Bahkan drama Korea termasuk yang digandrungi oleh ibu-ibu karena banyak menanyangkan drama tentang rumah tangga, bukan hanya sekedar melihat alur ceritanya saja namun mereka juga melihat tampan dan cantiknya pemain-pemain Korea yang sedang berperan disatu film atau drama. Tidak bisa dipungkiri film,drama bahkan variety yang ditayangkan sangat berkualitas dan sangat terkenal, bukan hanya didalam Korea Selatan saja namun di Internasional juga terkenal termasuk di Indonesia.

Namun, Baru-baru ini rilis sebuah series yang dinamakan University War, University War adalah serial televisi realitas Korea Selatan yang mempertandingkan kecerdasan dari mahasiswa perwakilan kampus-kampus di Korea Selatan. Memiliki 24 peserta dengan 16 mahasiswa dan 8 mahasiswi. Setiap tim yang bertanding akan memiliki 4 mahasiswa perwakilan, bertanding dengan menunjukkan kecerdasan mereka. terdiri dari 6 University diantaranya adalah Seoul National University, Korea University, Harvard University, Yonsei University, Korean Advanced Institute of Science & Technology, dan Pohang University of Science and Technology. Series ini baru-baru saja dirilis oleh pihak tv Korea, bermaksud hanya menampilkan mahasiswa unggulan di beberapa universitas untuk melakukan battle. Series ini viral di tv Korea maupun di Indonesia salah satunya. Remaja bahkan mahasiswa yang menonton pun terpacu untuk melihat seberapa pintar mahasiswa unggulan tersebut dalam bersaing. Series ini berjumlah 8 episode dan setiap episodenya menampilkan battle dari mahasiswa tersebut. Pada tantangan awal mahasiswa diberi soal matematika namun pihak televisi tidak memberikan alat bantu seperti alat tulis atau hitung, mereka harus berfikir.

Mereka dibuat bersaing diberbagai tingkatan seperti pelajaran aritmatika, logika dan memori. Acara ini sangat banyak digemari karena menarik dan menghibur terutama mahasiswa diberbagai belahan dunia, alasan lainnya melihat mahasiswa unggulan dari universitas top Korea Selatan dan jarang sekali series menampilkan tayangan seperti ini. Kita belajar bahwa dari series ini tidak terpacu dalam mahasiswa negeri yang unggul, disini juga ada mahasiswa swasta bahkan dari universitas harvard saja bertanding dengan Universitas di Korea Selatan.

Banyak yang menonton series tersebut dari kalangan mahasiswa dan pelajar, sehingga dengan melihat kecerdasan mereka yang bertanding mahasiswa dapat termotivasi untuk meningkatkan pembelajarannya dan tidak akan malas dalam mengerjakan tugas lagi. Kemudian mahasiswa terpacu untuk belajar karena menonton series tersebut. University War ini juga menampilkan banyak kecerdasan, kerjasama tim, strategi bahkan analisis setiap peserta yang berbeda-beda. Kemudian, university war juga membuat mahasiswa Indonesia melihat bagaimana kehidupan pelajar di luar negeri khususnya di Korea yang kita tahu sangat berkualitas. Mengingat bahwa Korea Selatan adalah salah satu negara yang menjunjung tinggi kecerdasan, pendidikan dan persiapan masa depan demi memberikan gengsi orangtua mereka.

Salah satu akun IG @betasihombing_ membuat postingan tentang university war yang berbunyi “siapa yang jadi semangat belajar utbk/selesain skripsi karna nonton univeristy war?” dilansir dari akun tersebut beberapa komentar menunjukkan sisi positif yaitu sebagai berikut:

  • Dari @hyunrin_16 mengatakan bahwa “jadi sering buka buku semenjak lihat university war”.
  • Dari @elywidya mengatakan bahwa “jangankan anak kuliah saya ibu rumah tangga saja langsung balik buka buku lagi buat belajar dari 0 supaya bisa mengajari anak yang sekarang masih tk”
  • Dari @cnn_b_s___you mengatakan bahwa “akuuuuuuu!! Ayo semangat skripsiiiiii" 
  • Dari @ancsy.mdn1 mengatakan bahwa “jadi semangat belajar utbk bismillah lolos”

Dari beberapa komentar yang termuat di konten tersebut banyak mahasiswa bahkan ibu-ibu sekalipun yang mendapatkan motivasi setelah menonton series university war tersebut. Maka dari itu dengan menonton series ini menjadi bentuk positif bagi seluruh mahasiswa maupun pelajar yang sedang menempuh pendidikan. Mereka dapat termotivasi lebih tinggi untuk menjalankan tugas dan menyelesaikan tugas bahkan untuk belajar, belajar dan terus belajar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline