Lihat ke Halaman Asli

Saroh BudiSetiarti

Mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi UNISSULA

Rekrutmen Manajemen SDM di Perusahaan

Diperbarui: 25 Januari 2021   19:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

REKRUTMEN

Rekruitmen adalah proses mencari, menemukan, mengajak dan menetapkan sejumlah orang dari dalam maupun dari luar perusahaan sebagai calon tenaga kerja dengan karakteristik tertentu seperti yang telah ditetapkan dalam perencanaan sumber daya manusia. Hasil yang didapatkan dari proses rekrutmen adalah sejumlah tenaga kerja yang akan memasuki proses seleksi, yakni proses untuk menentukan kandidat yang mana yang paling layak untuk mengisi jabatan tertentu yang tersedia di perusahaan. Rekruitmen bertujuan untuk menyediakan sekumpulan calon tenaga kerja/karyawan yang memenuhi syarat agar konsisten dengan strategi, wawasan dan nilai perusahaan untuk membantu mengurangi kemungkinan keluarnya karyawan yang belum lama bekerja untuk mengkoordinasikan upaya perekrutan dengan program seleksi dan pelatihan untuk memenuhi tanggungjawab perusahaan dalam upaya menciptakan kesempatan kerja. Faktor-faktor yang mempengaruhi rekruitmen SDM diorganisasi yaitu:

Terdapat 2 faktor dalam proses rekruitmen yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor Internal

Perencanaan SDM. Menganalisis dan mencari alternative perekrutan dan menentukan sumber-sumber yang paling produktif untuk melakukan proses perekrutan menjadi lebih efektif.  

Persyaratan pekerjaan. Ini akan membatasi proses perekrutan karena hanya SDM tertentu yang sesuai yang dapat mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi jobdis yang kosong.

Kebijakan promosi. Banyaknya kebijakan informasi yang menjelaskan untuk mengisi kekosongan posisi atau karyawan yang ada.

Nepotisme. Perusahaan memiliki kebijakan anti nepotisme yang menghambat pekerjaan dari dari kerabat dekat, ketika karyawan terkait akan bekerja didapartemen yang sama atau dalam peran atasan dan bawahan.

Faktor Eksternal

Kondisi ekonomi suatu negara. Jika kondisi ekonomi suatu negara sulit, maka biasanya akan terjadi oversupply  atau calon pekerja lebih banyak dari pada lowongan pekerjaan. Jika hal ini terjadi maka perusahaan akan mudah mendapatkan pekerja baru karena dengan banyaknya pelamar kerja.

Ketersediaan tenaga kerja dalam suatu bidang. Jika bidang yang tersedia diperusahaan tergolong langka maka perusahaan akan kesulitan dalam mencari pekerja contohnya dalam bidang teknologi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline