Lihat ke Halaman Asli

Koperasi Tidak Boleh Mati

Diperbarui: 11 Maret 2024   14:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi koperasi Indonesia. Sumber: KOMPAS/SUPRIYANTO

Kapan terakhir Anda berbelanja di, atau paling tidak melihat, toko Koperasi? Mungkin tidak pernah, atau pernah tapi lupa entah kapan dan di mana. Jaman sekarang, dibanding ketemu toko Koperasi, orang lebih sering ketemu dan belanja di minimarket. Tempatnya bersih, sejuk dan pelayanannya prima. 

Tidak heran, minimarket, toko kecil tapi serba ada, jumlahnya terus bertambah dan hampir tidak pernah sepi pembeli. Kadang mereka bersebelahan dan hanya dipisah dinding dan jalan tetapi minimarket-minimarket tetap bisa hidup makmur. 

Bukan hanya minimarket, toko grosir besar pun bertumbuhan. Salah satunya telah dibuka untuk umum awal bulan Maret yang lalu di Purwokerto. Toko grosir yang cukup besar. 

Di kota ini memang sudah lama beredar rumor akan berdiri sebuah toko grosir besar, luas dan modern. Warga setempat semula hanya setengah percaya. Bahkan ketika pembangunan sudah dimulai dengan pembersihan lahan dan pembuatan tembok keliling, orang masih belum sepenuhnya percaya. Kata-kata yang keluar: "ah masak sih...!". 

Purwokerto  bukan kota besar, tidak banyak bangunan besar dan tinggi. Kalaupun ada jumlahnya tidak lebih dari jari dua tangan. Demikian juga dengan Mall dan Pasar Raya. Walau begitu, pemilik modal memilih kota ini untuk mencari peruntungan membangun toko grosir pasti sudah berhitung dengan matang. 

Dan, sepertinya perhitungan pemodal tidak meleset. Toko besar yang dibuka beberapa waktu lalu itu disambut antusias. Umbul-umbul dan karangan bunga menghiasi lingkungan toko. Barisan panjang mobil, sepeda motor dan orang bergiliran keluar masuk toko. Area parkir penuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Toko grosir baru ini seperti gula yang mengundang semut. 

Sesuatu yang baru memang selalu menarik perhatian. Apapun itu. Demikian pun dengan toko grosir baru ini. Orang ramai datang bisa karena ingin merasakan kenyamanan dan pelayanan berbelanja yang prima, atau hanya sekedar memenuhi rasa ingin tahu suasana dan pemandangan di dalamnya. 

Dari sudut pandang lain, sambutan hangat juga bisa muncul karena terbersit harapan, toko baru ini akan menambah kesempatan bekerja dan peluang berusaha bagi pengunjung. 

Harapan yang wajar karena potensi eksternalitas dan efek ganda ekonomi dari keberadaan toko grosir baru pasti besar dan menyebar ke mana-mana. Sebut saja pengecer yang membeli barang dengan harga grosir untuk dijual lagi, maka bisnis eceran akan naik tinggi.  Juga harapan ikut berusaha di berbagai bidang, seperti jasa transportasi, laundry, kuliner dan rumah tinggal bagi pegawainya. 

Dari peluang usaha seperti itulah orang berharap bisa ikut mencicipi kueh ekonomi dalam beragam jenis usaha. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline