Oleh:
Syarifuddin Khoirul Muis (231330001175)
Fina Mawaddah Warohmah (231330001249)
PENDAHULUAN
Profil Pelajar Pancasila merupakan profil lulusan yang bertujuan memberikan karakter serta kompetensi yang diharapkan diraih serta menguatkan nilai-nilai luhur Pancasila peserta didik serta para pemangku kepentingan (Susilawati dkk, 2021).
Karakteristik pelajar Indonesia yang diharapkan adalah menjadi sebuah Profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan muncul dalam kegiatan pendidikan di Indonesia yang di muat dalam 6 dimensi. Di mana enam dimensi tersebut tertuju pada penguatan karakter siswa.
Berdasarkan data hasil survey karakter kemendikbudristek jawa tengah 2021 Pengukuran tingkat capaian karakter siswa dibagi menjadi 4 tingkat, yaitu 1) Belum terinternalisasi; 2) Perlu dikembangkan; 3) Berkembang; dan 4) Membudaya.
Pada jenjang SD, secara umum capaian tingkat karakternya berada pada tingkat berkembang, dengan nilai 2,13 (rentang 1-3). Nilai tersebut lebih tinggi dari rata-rata nasional yang sebesar 2,08. Dari 35 kab/kota yang ada di Jawa Tengah, semuanya berada pada tingkat berkembang.
Pada jenjang SMP, secara umum tingkat karakternya berada pada tingkat berkembang, dengan nilai 2,15 (rentang 1-3). Nilai tersebut lebih tinggi dari rata-rata nasional yang sebesar 2,08. Dari 35 kab/kota yang ada di Jawa Tengah, 28 Kab/kota tingkat karakternya berada pada tingkat berkembang, 7 kab/kota tingkat literasinya berada pada tingkat membudaya.
Berbeda dengan jenjang SD dan SMP, secara umum tingkat karakter pada jenjang SMA berada pada tingkat membudaya, dengan nilai 2,32 (rentang 1-3). Nilai tersebut lebih tinggi dari rata-rata nasional yang sebesar 2,18. Dari 35 kab/kota yang ada di Jawa Tengah, 27 Kab/kota tingkat karakternya berada pada tingkat membudaya, 8 kab/kota tingkat karakternya berada pada tingkat berkembang.