Lihat ke Halaman Asli

Wisno

konsultan finishing

HPL untuk Furniture

Diperbarui: 24 Mei 2023   19:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Meja HPL, gambar dari koleksi pribadi

HPL adalah singkatan dari high pressure laminated atau lembaran dari resin yang dibuat dengan tekanan tinggi. HPL berupa satu lembaran dengan penampilan seperti finished panel yang siap untuk ditempelkan pada permukaan yang diinginkan. HPL ini merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan untuk membuat papan panel sebagai pengganti papan kayu. HPL berupa lembaran tipis dengan ukuran 144 cm panjang dan 122 cm dengan ketebalan sekitar 1 mm. HPL mempunyai 2 permukaan, yaitu permukaan dekoratif yang indah dan bagian belakang yang ditempelkan pada core untuk membentuk papan panel.

HPL pada saat ini sangat banyak digunakan untuk pembuatan furniture terutama dengan bentuk-bentuk panel datar. HPL yang ditempelkan pada plywood, MDF atau particle board banyak ditemukan pada almari, kabinet-kabinet, top meja dan panel furniture-furniture lainnya.

HPL ini tersedia di pasaran dengan berbagai macam model, warna dan motif. HPL dengan motif kayu merupakan salah satu pilihan yang banyak digunakan saat ini, karena tersedia dalam berbagai macam motif kayu dan warna. Hampir semua motif kayu dengan berbagai jenis, corak serat dan jenis kayu tersedia dalam produk HPL.

Kelebihan HPL

  • Murah

Secara umum, papan panel dari HPL lebih murah dibandingkan dengan panel dari kayu solid. HPL bisa ditempelkan pada particle board, MDF, plywood atau engineering wood lainnya dengan harga yang relatif murah. 

Papan dari HPL ini bisa langsung digunakan, tanpa memerlukan pelapisan bahan finishing yang mahal dan merepotkan

  • Simple dan praktis

HPL bisa ditempelkan pada corenya dengan proses pengeleman yang sederhana. Dengan lem solvent base yang kuat dan cepat kering HPL dapat menempel kuat pada corenya. Proses laminasi HPL tidak membutuhkan panas tinggi atau tekanan tinggi sehingga tidak membutuhkan mesin laminasi yang mahal. Proses laminasi dapat dilakukan oleh tukang yang trampil, dengan peralatan yang sederhana. Pembuatan mebel dari HPL dapat dilakukan oleh industri mebel skala kecil.

HPL merupakan bahan yang relatif tebal kaku dan kuat sehingga bisa dipasang pada permukaan yang tidak terlalu rata dan halus. Permukaan HPL ini sudah bisa menggantikan finish panel, seperti halnya finish panel.

  • Bersih, rapi

Penggunaan HPL bisa menghasilkan papan panel yang bersih dan rapi. HPL adalah engineering product dengan permukaan yang bersih, halus, dan seragam. 

  • Kuat

Permukaan HPL memiliki lapisan yang kuat, keras, tahan gores, tahan panas dan tahan bahan kimia. Permukaan HPl lebih kuat daripada lapisan finishing kayu pada umumnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline